Kegiatan 8.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 Hal 214 Bagian B
bahasa Indonesia kelas 8 halaman 214 bagian B
1. bahasa Indonesia kelas 8 halaman 214 bagian B
Jawaban:
1.penjelasan isi ananat
2.apa yang terkandung dalam tanggapan
3.memecahkan
2. bahasa indonesia kelas 8 halaman 214 yang b
Jawaban:
@.kelengkapan : tanggapan =kelengkapan itu berarti melengkapi.maksdnya Dsni melengkapi segala sesuatu yang msh blm pas atau ad yg msh kurang.baik dalam sebuah cerita atau prstwa maupun dalam sebuah hal"yg lain.
b.ketepatan. : tanggapan = ketepatan ini maksdnya kepaspasan ,yg dmn artinya Dsni dalam melakukan sesuatu atau menulis sesuatu itu harus pas"jgn ada yang krng.baik dalam segi tlsn maupun dalam segi bhsnya....
c. keterperincian:tanggapan= mksdnya Dsni semua yg kita tulis baik itu dngn sebuah crta,kisah, Maupun peristiwa harus terperinci.maksdnya smua itu ada ,atau dikatakan smuanya ber'urut..
Penjelasan:
bgtu saja .maaf klau krng mnynngkn itu jwbn hal logika saya sndri
jgn lpa ikuti saya
3. Jawab kegiatan 8.5,kelas 8
Jawaban:
Prolog = Pagi-pagi, suasana di kelas IX SMP Sambo Indah cukup ramai. Bermacam-macam
tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku. Ada pula yang keluar masuk kelas.
Orientasi =
Siang hari. Anak-anak SMP Sambo Indah pulang sekolah, Inka mendatangi Arga.
Hari berikutnya, sewaktu istirahat pertama.
Di perjalanan, hari sudah siang. Inka dan Gendis berjalan kaki pulang
sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.
Komplikasi =
Inka : ”Arga, kenapa sih kamu selalu usil? Kenapa kamu selalu mengejek
aku? Memangnya kamu suka kalau diejek?” (cemberut)
Agra : (Tertawa-tawa) ”Aduh…maaf deh! Kamu marah ya, In?”
Inka : ”Iya dong. habis…kamu nakal. Kamu memang sengaja mengejek
aku kan, biar anak-anak sekelas menertawakan aku.”
Agra : ”Wah…jangan marah dong, aku kan cuma bercanda. Eh, katanya
marah itu bisa menghambat pertumbuhan gigi, nanti kamu
giginya dua terus, hahaha…”
Agra : (Duduk tidak jauh dari Gendis) ”Dis, nama kamu kok
bagus sih. mengeja nama Gendis itu gimana?”
Gendis : ”Apa sih, kamu mau mengganggu lagi, ya? Beraninya cuma
sama anak perempuan.”
Agra : ”Aku kan cuma bertanya, mengeja nama Gendis itu gimana.Masak gitu aja marah.”
Gendis : ”Memangnya kenapa sih? (Curiga) Gendis ya mengejanya
G-E-N-D-I-S dong!”
Agra : ”Haaa…kamu itu gimana sih Dis. Udah SMP kok belum bisa mengeja nama sendiri dengan benar. Gendis itu mengejanya G-E-M-B-U-L. Itu kayak pamannya Bobo,
hahaha….”
Resolusi = (Bicara sendiri) ”Ternyata kalau aku nggak nakal, sahabatku
tambah banyak,” pikir Arga. ”Ternyata juga, punya banyak sahabat itu menyenangkan. Kalau mereka ulang tahun kan aku jadi sering ditraktir, hihihi….”
Epilog = Arga betul-betul menepati janjinya. Sejak kejadian itu, ia tak pernah mengganggu teman-temannya lagi. Arga pun jadi punya banyak sahabat, termasuk Inka dan Gendis. Mereka sering mengerjakan PR dan belajar bersama.
Kalau salah maaf:) #masihpemula:v
4. Tugas halaman 214 bahasa indonesia kelas 11 no 2
Penjelasan:
2.) Apakah isi dari teks biografi tersebut?
Berisi perjalanan hidup lengkap Sapardi berupa kelebihan, kekurangan atau masalah yang ditulis oleh seseorang agar bisa menjadi panutan atau teladan untuk orang banyak.
Semoga bermanfaat
5. TOLONG LAH BESOK DIKUMPUL KEGIATAN 8.5
Prolog, orientasi, komplikasi, resolusi, dan epilog adalah struktur-struktur penyusun naskah drama. Dalam Bahasa Indonesia, naskah drama dapat kita artikan sebagai suatu teks atau naskah yang digunakan sebagai dasar atau panduan dilakonkannya sebuah pertunjukan drama. Hal ini dimungkinkan karena sebuah naskah drama tidak hanya mencakup dialog atau interaksi antartokoh, melainkan turut mencakup latar dan suasana yang harus dibangun selama pementasan.
PembahasanPada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan drama "Kena Batunya" ke dalam struktur penyusunnya. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
Babak I
PROLOG
Pagi-pagi, suasana di kelas IX SMP Sambo Indah cukup ramai. Bermacammacam tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku.
Ada pula yang keluar masuk kelas.
DIALOG
ORIENTASI
Cahyo : ”Ssst….Bu Indati datang!” (Para siswa segera beranjak duduk di tempatnya masing-masing)
Bu Indati : ”Selamat pagi, Anak-anak!” (ramah)
Anak-anak : ”Selamat pagi, Buuuuuu!” (kompak).
Bu Indati : ”Anak-anak, kemarin Ibu memberikan tugas Bahasa Indonesia membuat pantun, semua sudah mengerjakan?”
Anak-anak : ”Sudah Bu.”
Bu Indati : ”Arga, kamu sudah membuat pantun?”
Agra : ”Sudah dong Bu.”
Bu Indati : ”Coba kamu bacakan untuk teman-temanmu.”
Agra : (tersenyum nakal)
”Jalan ke hutan melihat salak,
Ada pula pohon-pohon tua
Ayam jantan terbahak-bahak
Lihat Inka giginya dua”
Anak-anal : (Tertawa terbahak-bahak).
KOMPLIKASI
Inka : (Cemberut, melotot pada Agra)
RESOLUSI
Bu Indati : ”Arga, kamu nggak boleh seperti itu sama temannya.” (Agak kesal) Kekurangan orang lain itu bukan untuk ditertawakan. Coba kamu buat pantun yang lain.”
Agra : ”Iya Bu!” (masih tersenyum-senyum).
Babak II
PROLOG
Siang hari. Anak-anak SMP Sambo Indah pulang sekolah, Inka mendatangiArga.
DIALOG
ORIENTASI
Inka : ”Arga, kenapa sih kamu selalu usil? Kenapa kamu selalu mengejek aku? Memangnya kamu suka kalau diejek?” (cemberut)
Agra : (Tertawa-tawa) ”Aduh…maaf deh! Kamu marah ya, In?”
Inka : ”Iya dong. habis…kamu nakal. Kamu memang sengaja mengejek aku kan, biar anak-anak sekelas menertawakan aku.”
Agra : ”Wah…jangan marah dong, aku kan cuma bercanda. Eh, katanya marah itu bisa menghambat pertumbuhan gigi, nanti kamu giginya dua terus, hahaha…”
Danto : (Tertawa). ”Iya, Kak. Nanti ayam jago menertawakan kamu terus!”
KOMPLIKASI
Inka : ”Huh! kalian jahat! (Berteriak) Aku nggak ngomong lagi sama kalian!” (Pergi)
RESOLUSI
Gendis : (Menghampiri Inka) ”Sudahlah In, nggak usah dipikirkan. Arga kan memang usil dan nakal. Nanti kalau kita marah, dia malah tambah senang. Kita diamkan saja anak itu.
Babak III
PROLOG
Hari berikutnya, sewaktu istirahat pertama.
DIALOG
ORIENTASI
Agra : (Duduk tidak jauh dari Gendis) ”Dis, nama kamu kok bagus sih. mengeja nama Gendis itu gimana?”
KOMPLIKASI
Gendis : ”Apa sih, kamu mau mengganggu lagi, ya? Beraninya cuma sama anak perempuan.”
Agra : ”Aku kan cuma bertanya, mengeja nama Gendis itu gimana. Masak gitu aja marah.”
Gendis : ”Memangnya kenapa sih? (Curiga) Gendis ya mengejanya G-E-N-D-I-S dong!”
Agra : ”Haaa…kamu itu gimana sih Dis. Udah SMP kok belum bisa mengeja nama sendiri dengan benar. Gendis itu mengejanya G-E-M-B-U-L. Itu kayak pamannya Bobo, hahaha….”
Teman-teman Agra : (tertawa)
RESOLUSI
Gendis : ”Arga, kamu selalu begitu! Bisa nggak sih, sehari tanpa berbuat nakal? Lagi pula kamu cuma berani mengganggu anak perempuan. Dasar!” (Marah dan meninggalkan Agra).
Babak IV
PROLOG
Di perjalanan, hari sudah siang. Inka dan Gendis berjalan kaki pulang sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.
DIALOG
ORIENTASI
Agra : (Di atas sepeda) ”Hoi…minggir…minggir…. Pangeran Arga yang ganteng ini mau lewat. Rakyat jelata diharap minggir.”
Inka &Gendis : (Menoleh sebal)
KOMPLIKASI
Agra : (Tertawa-tawa dan…. gubrak terjatuh) ”Aduuuuh!”
Inka : ”Rasakan kamu! (Berteriak) Makanya kalau naik sepeda itu lihat depan.”
Gendis : “Iya! Makanya kalau sama anak perempuan jangan suka nakal. Sekarang kamu kena batunya.”
Agra : (Meringis kesakitan) ”Aduh…tolong, dong. Aku nggak bisa bangun nih?”
...
RESOLUSI
Inka : ”Sudahlah, kita kan nggak boleh dendam sama orang lain. Bagaimanapun, Arga kan teman kita juga.”
Gendis : (Mengangguk dan mendekati Arga).
Inka : ”Apanya yang sakit, Ga?”
Agra : ”Aduh…kakiku sakit sekali. Aku nggak kuat berdiri nih.”
Inka : ”Gini aja Dis, kamu ke sekolah cari Pak Yan yang jaga sekolah. Pak Yan kan punya motor. Nanti Arga biar diantar
...
SIMPULAN:
TEKS DRAMA TERSEBUT KEHILANGAN STRUKTUR EPILOG SEHINGGA BERPOTENSI MENIMBULKAN CERITA YANG TERKESAN MENGGANTUNG DI BAGIAN AKHIR.
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks drama:
brainly.co.id/tugas/10936409
Detil jawabanKelas: IX
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 10 - Drama
Kode kategori: 9.1.10
Kata kunci: naskah, drama, struktur, prolog, dialog, epilog, resolusi, komplikasi, orientasi
6. kegiatan 8.5tolong bantu
Drama merupakan menirukan tindakan sehari-hari yang ditampilkan. Menurut KBBI, drama adalah persatuan sejumlah prosa pembentuk kehidupan melalui perilaku dan ekspresi.
PembahasanUnsur-Unsur Drama
Tema TeksTema adalah inti pembahasan drama yang menjadi penggambaran keseluruhan cerita. Tema tertulis secara tersirat ataupun secara tidak langsung pada drama. Tema mengungkapkan keseluruhan isis drama.
Amanat TeksAmanat adalah pesan kebaikan dari penulis untuk dilaksanakan pembaca. Amanat dapat bersifat tersurat atau secara langsung, dan ada pula yang tersirat atau secara tidak langsung.
AlurAlur adalah jalan cerita sebagai penghubungan sebab dan akibat terjadinya suatu peristiwa.
a) Perkenalan
Perkenalan adalah tahap awal perkenalan para tokoh dan sifatnya.
b) Konflik (Awal permasalahan)
Konflik adalah tahap awal sebuah permasalahan antar tokoh.
c) Klimaks (Puncak masalah)
Klimaks adalah puncak sebuah konflik/masalah.
d) Antiklimaks (Awal penyelesaian)
Antiklimaks adalah penyelesaian konflik pertama yang terjadi oada suatu drama atau cerita.
e) Penyelesaian
Penyelesaian merupakan tahap akhir, berupa kebahagiaan, atau kesedihan pada drama.
PenokohanTokoh merupakan pemeran dalam sebuah drama.
a) Berdasarkan Sisi Keterlibatan Tokoh
Tokoh sentral (utama) : Merupakan tokoh yang utama dalam drama.Tokoh bawahan : Merupakan tokoh yang tidak berpengaruh besar, tapi terlibat dalam pengembangan alur. Tokoh latar (pembantu) : Merupakan tokoh yang tidak membantu alur, hanya melengkapi drama.b) Berdasarkan Watak Penokohan
Tokoh Antagonis : Tokoh yang bersifat baik Tokoh protagonis : Tokoh yang bersifat jahat DialogBagian dialog terdiri dari orientasi (awal masalah), komplikasi (puncak sebuah masalah), dan resolusi (penyelesaian masalah).
a) Orientasi
Orientasi merupakan pengenalan bagian awal cerita berupa konflik atau masalah yang terjadi.
b) Komplikasi
Komplikasi terdapat pada bagian tengah drama, dan memuncaknya sebuah konflik.
c) Resolusi
Resolusi merupakan penutupan cerita berupa penyelesaian konflik yang terjadi dalam drama.
LatarLatar merupakan penulisan berupa suatu tempat, waktu atau suasana yang ada dalam drama.
Latar tempat : Merupakan tempat terjadinya suatu peristiwa dalam drama Latar waktu : Merupakan waktu terjadinya suatu peristiwa dalam drama Latar suasana : Merupakan suasana yang terjadi dalam drama EpilogEpilog adalah penutup cerita. Berisi pesan atau amanat.
PenyelesaianKegiatan 8.5
A. Jelaskan struktur teks drama berikut bersama kelompokmu. Tunjukkan bagian-bagiannya secara sistematis, yang meliputi prolog, orientasi, komplikasi, resolusi, dan epilognya. Simpulkanlah tentang lengkap-tidaknya bagian- bagiannya itu!
PrologPagi-pagi, suasana di kelas IX SMP Sambo Indah cukup ramai. Bermacam-macam
tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku. Ada pula yang keluar masuk kelas.
OrientasiSiang hari. Anak-anak SMP Sambo Indah pulang sekolah, Inka mendatangi Arga.
Hari berikutnya, sewaktu istirahat pertama.
Di perjalanan, hari sudah siang. Inka dan Gendis berjalan kaki pulang sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.
KomplikasiInka : ”Arga, kenapa sih kamu selalu usil? Kenapa kamu selalu mengejek
aku? Memangnya kamu suka kalau diejek?” (cemberut)
Agra : (Tertawa-tawa) ”Aduh…maaf deh! Kamu marah ya, In?”
Inka : ”Iya dong. habis…kamu nakal. Kamu memang sengaja mengejek
aku kan, biar anak-anak sekelas menertawakan aku.”
Agra : ”Wah…jangan marah dong, aku kan cuma bercanda. Eh, katanya
marah itu bisa menghambat pertumbuhan gigi, nanti kamu
giginya dua terus, hahaha…”
Agra : (Duduk tidak jauh dari Gendis) ”Dis, nama kamu kok
bagus sih. mengeja nama Gendis itu gimana?”
Gendis : ”Apa sih, kamu mau mengganggu lagi, ya? Beraninya cuma
sama anak perempuan.”
Agra : ”Aku kan cuma bertanya, mengeja nama Gendis itu gimana.
Masak gitu aja marah.”
Gendis : ”Memangnya kenapa sih? (Curiga) Gendis ya mengejanya
G-E-N-D-I-S dong!”
Agra : ”Haaa…kamu itu gimana sih Dis. Udah SMP kok belum
bisa mengeja nama sendiri dengan benar. Gendis itu
mengejanya G-E-M-B-U-L. Itu kayak pamannya Bobo,
hahaha….”
ResolusiAgra : (Bicara sendiri) ”Ternyata kalau aku nggak nakal, sahabatku
tambah banyak,” pikir Arga. ”Ternyata juga, punya banyak sahabat itu menyenangkan. Kalau mereka ulang tahun kan aku jadi sering ditraktir, hihihi….”
EpilogAgra betul-betul menepati janjinya. Sejak kejadian itu, ia tak pernah mengganggu teman-temannya lagi. Arga pun jadi punya banyak sahabat, termasuk Inka dan Gendis. Mereka sering mengerjakan PR dan belajar bersama.
KesimpulanStruktur teks drama dalam drama di atas cukup lengkap.
Pelajari Lebih Lanjut Fungsi dialog dalam drama : brainly.co.id/tugas/22428948 Aturan dalam menulis langkah drama : brainly.co.id/tugas/22641685 Detil JawabanMapel : Bahasa Indonesia
Kelas : VIII
Bab : 1
Materi : Drama-Drama Kehidupan
Kode Kategorisasi : 8.8.1
Kata Kunci : Drama, Kegiatan 8.5
≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡
#OptiTeamCompetition7. Tolong jelaskan kegiatan 8.5 bagian B
Jawaban:
btw mau nanya ni Kelas berapa?
8. hasil pembagian dari 8.5÷6/8 adalah
Penjelasan dengan langkah-langkah:
8,5 ÷6/8
=85/10 ÷ 6/8
=85/10×8/6
=680/60
=6 20/60
=6 1/3
Jawaban:
jawabannya adalah 34/3 kalok gak salah
9. bahasa Inggris kelas 8 halaman 212-214. (find the meaning of the notice). tolong dibantu ya....
Find The Meaning Of The NoticeHalaman tempat bermain dan halaman sekolah ditutup pada pukul 10.00 malam.Penggunaan ponsel dilarang di halaman sekolah.Pemberitahuan sekolah yang aman. Selamat datang di sekolah kita pengunjung harus mendaftar di kantor utama. Narkoba dan senjata tidak diperbolehkan, dilarang melintas.Pemberitahuan kesehatan. Tidak boleh ada hewan peliharaan di halaman sekolah.Pemberitahuan zona sekolah. Area ini di lindungi oleh CCTV.Pengunjung. Selamat datang di sekolah kami, silakan gunakan pintu masuk utama dan daftar di kantor.Ini sekolah bebas asap rokok. Bahwa merokok dilarang.Khusus parkir untuk bis sekolah.Zona sekolah bebas narkoba.Pemberitahuan. Menyiram toilet setelah selesai menggunakan.Pembahasan
Notice
Merupakan bentuk pemberitahuan atau peringatan yang umumnya menggunakan kalimat-kalimat yang singkat dan jelas guna memerintahkan ke setiap masyarakat untuk mematuhi peraturan tersebut, notice atau pemberitahuan biasa dipasang di zona sekolah, tempat umum, toilet, pom bensin, dll.
Pada pertanyaan di atas memerintahkan kepada si penjawab untuk mengartikan setiap notice yang tertera pada gambar soal (find the meaning of the notice).
Notice forms:
Kalimatperintah/imperative sentence, guna untuk memerintahkan sesuatu kepada siapa saja kepada publik.Kalimatlarangan/prohibition sentence, berfungsi sebagai sarana untuk melarang melakukan sesuatu yang tidak diizinkan.Bentuk pemberitahuandengansimbolrambu/sign symbol, umumnya ini dipasang di jalanan yang menunjukkan beberapa rambu-rambu yang memiliki makna yang harus dipatuhi.Pelajari Lebih LanjutMateri tentang imperative sentence and notice
https://brainly.co.id/tugas/22290881https://brainly.co.id/tugas/19013255https://brainly.co.id/tugas/22751159https://brainly.co.id/tugas/20233328Detail JawabanGrade : VIII SMP
Subject : English
Material : Imperative and telling rules
Categorization Code : 8.5.11
Keyword : Defintion of notice, notice forms, and find the meaning of the notice
10. Bahasa indonesian. Kegiatan 8.5
Jawaban:
bro maksud lu apaan bruh
11. hasil pembagian 108.8 ÷ 8.5
108.8:8.5=12.8
semoga membantu^_^
maaf kalau salah
Jawaban:
108.8 ÷ 8.5 =12.8
Penjelasan dengan langkah-langkah:
maaf klo salah
saya cari di kalkuator
12. ayo kita berlatih 8.5 mtk kelas 8 semester 2, tolong dibantu yaa
Ayo kita berlatih 8.5 mtk kelas 8 semester 2. Soal yang disajikan terdiri dari 9 soal adalah tentang volume prisma yaitu
V = luas alas × tinggi Pembahasan1. Gambar yang disajikan adalah prisma trapesium dengan
Panjang sisi sejajarnya adalah 5 m dan 3 m Tinggi trapesium = 30 m Tinggi prisma = 10 mJawaban
Volume air dalam kolam adalah
= luas trapesium × tinggi prisma
= (½ × jumlah sisi sejajar × tinggi) × 10 m
= (½ × (5 m + 3 m) × 30 m) × 10 m
= (½ × 8 m × 30 m) × 10 m
= 120 m² × 10 m
= 1.200 m³
2. Prisma segitiga siku-siku dengan ukuran
Panjang sisi-sisi segitiga = 12 cm, 16 cm dan 20 cm (20 cm adalah panjang sisi miring) Tinggi prisma = 30 cmJawaban
Volume prisma adalah
= luas segitiga × tinggi prisma
= (½ × alas × tinggi) × 30 cm
= (½ × 12 cm × 16 cm) × 30 cm
= 96 cm² × 30 cm
= 2.880 cm³
3. Prisma belah ketupat dengan ukuran
Panjang diagonal = 16 cm dan 20 cm Tinggi prisma = 24 cmJawaban
Volume prisma
= luas belah ketupat × tinggi prisma
= (½ × d₁ × d₂) × 24 cm
= (½ × 16 cm × 20 cm) × 24 cm
= 160 cm² × 24 cm
= 3.840 cm³
4. Dua buah prisma segitiga siku-siku memiliki
Tinggi prisma yang sama = T Tinggi segitiga yang sama = t Alas segitiga A = 3 × alas segitiga siku-siku B ⇒ a₁ = 3a₂Perbandingan volume prisma A dan prisma B = … ?
Jawaban
Luas segitiga A = ½ × alas × tinggi = ½ × a₁ × t = ½ × 3a₂ × t Luas segitiga B = ½ × alas × tinggi = ½ × a₂ × tJadi perbandingan volume prisma A dan prisma B adalah
[tex]\frac{V_{A}}{V_{B}} = \frac{luas \: segitiga \: A \times tinggi \: prisma}{ luas \: segitiga \: B \times tinggi \: prisma } [/tex]
[tex]\frac{V_{A}}{V_{B}} = \frac{(\frac{1}{2} \times 3a_{2} \times t) \times T}{ (\frac{1}{2} \times a_{2} \times t) \times T} [/tex]
[tex]\frac{V_{A}}{V_{B}} = \frac{3}{1} [/tex]
[tex]V_{A} \: : \: V_{B} = 3 \: : \: 1[/tex]
5. Tenda berbentuk prisma segitiga dengan ukuran
Alas segitiga = 2,5 m Tinggi prisma = 4 m Tinggi tenda = tinggi segitiga = … ?Jawaban
Volume = 10 m³
Luas segitiga × tinggi prisma = 10
(½ × alas × tinggi) × 4 = 10
(½ × 2,5 × t) × 4 = 10
5 × t = 10
t = 2
Jadi tinggi tenda = 2 m
6. Prisma belah ketupat dengan ukuran
Diagonal 1 = d₁ = 10 cm Keliling belah ketupat = 52 cm Luas selimut prisma = 1.040 cm²Jawaban
Keliling = 52
4s = 52
s = [tex]\frac{52}{4}[/tex]
s = 13
d₁ = 10 maka ½ d₁ = 5dengan menggunakan teorema Pythagoras, diperoleh
(½ d₁)² + (½ d₂)² = s²
(5)² + (½ d₂)² = 13²
25 + (½ d₂)² = 169
(½ d₂)² = 169 – 25
(½ d₂)² = 144
½ d₂ = 12
d₂ = 2 (12)
d₂ = 24
Luas selimut prisma = 1.040
Keliling alas × tinggi = 1.040
52 × t = 1.040
t = [tex]\frac{1.040}{52}[/tex]
t = 20
Jadi volume prisma tersebut adalah
= luas belah ketupat × tinggi
= (½ × d₁ × d₂) × 20 cm
= (½ × 10 cm × 24 cm) × 20 cm
= 120 cm² × 20 cm
= 2.400 cm³
7. Ukuran balok: 10 dm × 8 dm × 6 dm
Ukuran prisma: luas alas = 96 dm² dan tinggi = 9 dmBalok berisi penuh air, dituangkan kedalam prisma sehinggi tinggi air = … ?
Jawab
Volume air dalam prisma = volume balok
Luas alas × tinggi air = p × l × t
96 cm² × tinggi air = 10 dm × 8 dm × 6 dm
96 × tinggi air = 480
Tinggi air = [tex]\frac{480}{96}[/tex]
Tinggi air = 5 dm
8. Prisma segitiga dengan ukuran
Panjang sisi-sisi segitiga = 5 dm, 12 dm, 13 dm Volume prisma = 540 dm³Jawaban
Segitiga tersebut adakah segitiga siku-siku karena berlaku teorema Pythagoras yaitu
13² = 5² + 12²
Jadi
Luas segitiga
= ½ × alas × tinggi
= ½ × 5 dm × 12 dm
= 30 dm²
Keliling segitiga
= 13 dm + 5 dm + 12 dm
= 30 dm
Volume prisma = 540
Luas alas × tinggi = 540
30 × t = 540
t = [tex]\frac{540}{30}[/tex]
t = 18
Jadi luas permukaan prisma adalah
= 2 × luas alas + keliling alas × tinggi
= 2 × 30 dm² + 30 dm × 18 dm
= 60 dm² + 540 dm²
= 600 dm²
9. Volume prisma = 120 cm³
Banyak sekali kemungkinan rancangan prisma yang dapat dibuat
Prisma segitiga siku-siku dengan ukuran
Panjang sisi-sisi segitiga 3 cm, 4 cm, 5 cm dan tinggi prisma 20 cm Panjang sisi-sisi segitiga 5 cm, 12 cm, 13 cm dan tinggi prisma 4 cm Panjang sisi-sisi segitiga 8 cm, 15 cm, 17 cm dan tinggi prisma 2 cm Panjang sisi-sisi segitiga 6 cm, 8 cm, 10 cm dan tinggi prisma 5 cmPrisma belah ketupat dengan ukuran
Tinggi prisma 5 cm dan panjang diagonalnya 8 cm dan 6 cm Tinggi prisma 10 cm dan panjang diagonalnya 6 cm dan 4 cmdan masih banyak lagi kemungkinan-kemungkinannya
Pelajari lebih lanjutContoh soal lain tentang prisma
Banyak rusuk dan sisi pada prisma segi 6: brainly.co.id/tugas/2490177 Luas permukaan prisma segiempat: brainly.co.id/tugas/2015562 Volume prisma belah ketupat: brainly.co.id/tugas/10037822------------------------------------------------
Detil JawabanKelas : 8
Mapel : Matematika
Kategori : Bangun Ruang
Kode : 8.2.8
#AyoBelajar
13. Jawaban paket b indo kelas 8 halaman 214 berdasarkan drama halaman 215
Drama adalah sebuah seni pertunjukan yang menampilkan sebuah karya sastra di atas panggung. Berkat adanya drama, kita dapat menikmati sebuah karya sastra langsung di depan mata kita berkat para pemeran yang memerankan para tokoh dan membawakan cerita seperti yang tercantum dalam naskah drama yang dipilih.
PembahasanPada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan sebuah teks drama ke dalam struktur penyusunnya. Adapun tanggapan terhadap struktur tersebut dapat kamu isi berdasarkan tanggapan yang diberikan oleh teman-temanmu.
Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
TEKS DRAMA
PROLOG
Pagi-pagi, suasana di kelas IX SMP Sambo Indah cukup ramai. Bermacammacam tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku. Ada pula yang keluar masuk kelas.
ORIENTASI
Cahyo : ”Ssst….Bu Indati datang!” (Para siswa segera beranjak duduk di
tempatnya masing-masing)
Bu Indati : ”Selamat pagi, Anak-anak!” (ramah)
Anak-anak : ”Selamat pagi, Buuuuuu!” (kompak).
Bu Indati : ”Anak-anak, kemarin Ibu memberikan tugas Bahasa Indonesia
membuat pantun, semua sudah mengerjakan?”
Anak-anak : ”Sudah Bu.”
Bu Indati : ”Arga, kamu sudah membuat pantun?”
Agra : ”Sudah dong Bu.”
Bu Indati : ”Coba kamu bacakan untuk teman-temanmu.”
Agra : (tersenyum nakal)
”Jalan ke hutan melihat salak,
Ada pula pohon-pohon tua
Ayam jantan terbahak-bahak
Lihat Inka giginya dua”
Anak-anal : (Tertawa terbahak-bahak).
KOMPLIKASI
Inka : (Cemberut, melotot pada Agra)
RESOLUSI
Bu Indati : ”Arga, kamu nggak boleh seperti itu sama temannya.” (Agak kesal) Kekurangan orang lain itu bukan untuk ditertawakan. Coba kamu buat pantun yang lain.”
Agra : ”Iya Bu!” (masih tersenyum-senyum).
EPILOG
-
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang struktur drama:
https://brainly.co.id/tugas/14395359
Detil jawabanKelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 1 - Sastra
Kode kategori: 8.1.1
Kata kunci: drama, struktur, prolog, dialog, epilog, orientasi, komplikasi, resolusi
14. 3. Suhu manakah yang lebih tinggi, -8° dan - 57A 8.5C. 8.5B. -8 - -D-8-5
Jawaban:
suhu yg lebih tinggi adalah -8°
15. jawaban Bina kelas 8 semester 2 halaman 214 yg A
Jawaban:
mana kakak soalnya ?. kok cuma disuruh jawab tapi gak ada soalnya???!!
Posting Komentar untuk "Kegiatan 8.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 Hal 214 Bagian B"