Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan 8.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 Hal 214 Bagian B


Kegiatan 8.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 Hal 214 Bagian B

bahasa Indonesia kelas 8 halaman 214 bagian B​

1. bahasa Indonesia kelas 8 halaman 214 bagian B​


Jawaban:

1.penjelasan isi ananat

2.apa yang terkandung dalam tanggapan

3.memecahkan


2. bahasa indonesia kelas 8 halaman 214 yang b​


Jawaban:

@.kelengkapan : tanggapan =kelengkapan itu berarti melengkapi.maksdnya Dsni melengkapi segala sesuatu yang msh blm pas atau ad yg msh kurang.baik dalam sebuah cerita atau prstwa maupun dalam sebuah hal"yg lain.

b.ketepatan. : tanggapan = ketepatan ini maksdnya kepaspasan ,yg dmn artinya Dsni dalam melakukan sesuatu atau menulis sesuatu itu harus pas"jgn ada yang krng.baik dalam segi tlsn maupun dalam segi bhsnya....

c. keterperincian:tanggapan= mksdnya Dsni semua yg kita tulis baik itu dngn sebuah crta,kisah, Maupun peristiwa harus terperinci.maksdnya smua itu ada ,atau dikatakan smuanya ber'urut..

Penjelasan:

bgtu saja .maaf klau krng mnynngkn itu jwbn hal logika saya sndri

jgn lpa ikuti saya


3. Jawab kegiatan 8.5,kelas 8


Jawaban:

Prolog = Pagi-pagi, suasana di kelas IX SMP Sambo Indah cukup ramai. Bermacam-macam

tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku. Ada pula yang keluar masuk kelas.

Orientasi =

Siang hari. Anak-anak SMP Sambo Indah pulang sekolah, Inka mendatangi Arga.

Hari berikutnya, sewaktu istirahat pertama.

Di perjalanan, hari sudah siang. Inka dan Gendis berjalan kaki pulang

sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.

Komplikasi =

Inka : ”Arga, kenapa sih kamu selalu usil? Kenapa kamu selalu mengejek

aku? Memangnya kamu suka kalau diejek?” (cemberut)

Agra : (Tertawa-tawa) ”Aduh…maaf deh! Kamu marah ya, In?”

Inka : ”Iya dong. habis…kamu nakal. Kamu memang sengaja mengejek

aku kan, biar anak-anak sekelas menertawakan aku.”

Agra : ”Wah…jangan marah dong, aku kan cuma bercanda. Eh, katanya

marah itu bisa menghambat pertumbuhan gigi, nanti kamu

giginya dua terus, hahaha…”

Agra : (Duduk tidak jauh dari Gendis) ”Dis, nama kamu kok

bagus sih. mengeja nama Gendis itu gimana?”

Gendis : ”Apa sih, kamu mau mengganggu lagi, ya? Beraninya cuma

sama anak perempuan.”

Agra : ”Aku kan cuma bertanya, mengeja nama Gendis itu gimana.Masak gitu aja marah.”

Gendis : ”Memangnya kenapa sih? (Curiga) Gendis ya mengejanya

G-E-N-D-I-S dong!”

Agra : ”Haaa…kamu itu gimana sih Dis. Udah SMP kok belum bisa mengeja nama sendiri dengan benar. Gendis itu mengejanya G-E-M-B-U-L. Itu kayak pamannya Bobo,

hahaha….”

Resolusi = (Bicara sendiri) ”Ternyata kalau aku nggak nakal, sahabatku

tambah banyak,” pikir Arga. ”Ternyata juga, punya banyak sahabat itu menyenangkan. Kalau mereka ulang tahun kan aku jadi sering ditraktir, hihihi….”

Epilog = Arga betul-betul menepati janjinya. Sejak kejadian itu, ia tak pernah mengganggu teman-temannya lagi. Arga pun jadi punya banyak sahabat, termasuk Inka dan Gendis. Mereka sering mengerjakan PR dan belajar bersama.

Kalau salah maaf:) #masihpemula:v


4. Tugas halaman 214 bahasa indonesia kelas 11 no 2


Penjelasan:

2.) Apakah isi dari teks biografi tersebut?

Berisi perjalanan hidup lengkap Sapardi berupa kelebihan, kekurangan atau masalah yang ditulis oleh seseorang agar bisa menjadi panutan atau teladan untuk orang banyak.

Semoga bermanfaat


5. TOLONG LAH BESOK DIKUMPUL KEGIATAN 8.5​


Prolog, orientasi, komplikasi, resolusi, dan epilog adalah struktur-struktur penyusun naskah drama. Dalam Bahasa Indonesia, naskah drama dapat kita artikan sebagai suatu teks atau naskah yang digunakan sebagai dasar atau panduan dilakonkannya sebuah pertunjukan drama. Hal ini dimungkinkan karena sebuah naskah drama tidak hanya mencakup dialog atau interaksi antartokoh, melainkan turut mencakup latar dan suasana yang harus dibangun selama pementasan.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan drama "Kena Batunya" ke dalam struktur penyusunnya. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Babak I

PROLOG

Pagi-pagi, suasana di kelas IX SMP Sambo Indah cukup ramai. Bermacammacam  tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku.

Ada pula yang keluar masuk kelas.

DIALOG

ORIENTASI

Cahyo : ”Ssst….Bu Indati datang!” (Para siswa segera beranjak duduk di tempatnya masing-masing)

Bu Indati : ”Selamat pagi, Anak-anak!” (ramah)

Anak-anak : ”Selamat pagi, Buuuuuu!” (kompak).

Bu Indati : ”Anak-anak, kemarin Ibu memberikan tugas Bahasa Indonesia membuat pantun, semua sudah mengerjakan?”

Anak-anak : ”Sudah Bu.”

Bu Indati : ”Arga, kamu sudah membuat pantun?”

Agra : ”Sudah dong Bu.”

Bu Indati : ”Coba kamu bacakan untuk teman-temanmu.”

Agra : (tersenyum nakal)

”Jalan ke hutan melihat salak,

Ada pula pohon-pohon tua

Ayam jantan terbahak-bahak

Lihat Inka giginya dua”

Anak-anal : (Tertawa terbahak-bahak).

KOMPLIKASI

Inka : (Cemberut, melotot pada Agra)

RESOLUSI

Bu Indati : ”Arga, kamu nggak boleh seperti itu sama temannya.” (Agak kesal) Kekurangan orang lain itu bukan untuk ditertawakan. Coba kamu buat pantun yang lain.”

Agra : ”Iya Bu!” (masih tersenyum-senyum).

Babak II

PROLOG

Siang hari. Anak-anak SMP Sambo Indah pulang sekolah, Inka mendatangiArga.

DIALOG

ORIENTASI

Inka : ”Arga, kenapa sih kamu selalu usil? Kenapa kamu selalu mengejek aku? Memangnya kamu suka kalau diejek?” (cemberut)

Agra : (Tertawa-tawa) ”Aduh…maaf deh! Kamu marah ya, In?”

Inka : ”Iya dong. habis…kamu nakal. Kamu memang sengaja mengejek aku kan, biar anak-anak sekelas menertawakan aku.”

Agra : ”Wah…jangan marah dong, aku kan cuma bercanda. Eh, katanya marah itu bisa menghambat pertumbuhan gigi, nanti kamu giginya dua terus, hahaha…”

Danto : (Tertawa). ”Iya, Kak. Nanti ayam jago menertawakan kamu terus!”

KOMPLIKASI

Inka : ”Huh! kalian jahat! (Berteriak) Aku nggak ngomong lagi sama kalian!” (Pergi)

RESOLUSI

Gendis : (Menghampiri Inka) ”Sudahlah In, nggak usah dipikirkan. Arga kan memang usil dan nakal. Nanti kalau kita marah, dia malah tambah senang. Kita diamkan saja anak itu.

Babak III

PROLOG

Hari berikutnya, sewaktu istirahat pertama.

DIALOG

ORIENTASI

Agra : (Duduk tidak jauh dari Gendis) ”Dis, nama kamu kok bagus sih. mengeja nama Gendis itu gimana?”

KOMPLIKASI

Gendis : ”Apa sih, kamu mau mengganggu lagi, ya? Beraninya cuma sama anak perempuan.”

Agra : ”Aku kan cuma bertanya, mengeja nama Gendis itu gimana. Masak gitu aja marah.”

Gendis : ”Memangnya kenapa sih? (Curiga) Gendis ya mengejanya G-E-N-D-I-S dong!”

Agra : ”Haaa…kamu itu gimana sih Dis. Udah SMP kok belum bisa mengeja nama sendiri dengan benar. Gendis itu mengejanya G-E-M-B-U-L. Itu kayak pamannya Bobo, hahaha….”

Teman-teman Agra : (tertawa)

RESOLUSI

Gendis : ”Arga, kamu selalu begitu! Bisa nggak sih, sehari tanpa berbuat nakal? Lagi pula kamu cuma berani mengganggu anak perempuan. Dasar!” (Marah dan meninggalkan Agra).

Babak IV

PROLOG

Di perjalanan, hari sudah siang. Inka dan Gendis berjalan kaki pulang sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.

DIALOG

ORIENTASI

Agra : (Di atas sepeda) ”Hoi…minggir…minggir…. Pangeran Arga yang ganteng ini mau lewat. Rakyat jelata diharap minggir.”

Inka &Gendis : (Menoleh sebal)

KOMPLIKASI

Agra : (Tertawa-tawa dan…. gubrak terjatuh) ”Aduuuuh!”

Inka : ”Rasakan kamu! (Berteriak) Makanya kalau naik sepeda itu lihat depan.”

Gendis : “Iya! Makanya kalau sama anak perempuan jangan suka nakal. Sekarang kamu kena batunya.”

Agra : (Meringis kesakitan) ”Aduh…tolong, dong. Aku nggak bisa bangun nih?”

...

RESOLUSI

Inka : ”Sudahlah, kita kan nggak boleh dendam sama orang lain. Bagaimanapun, Arga kan teman kita juga.”

Gendis : (Mengangguk dan mendekati Arga).

Inka : ”Apanya yang sakit, Ga?”

Agra : ”Aduh…kakiku sakit sekali. Aku nggak kuat berdiri nih.”

Inka : ”Gini aja Dis, kamu ke sekolah cari Pak Yan yang jaga sekolah. Pak Yan kan punya motor. Nanti Arga biar diantar

...

SIMPULAN:

TEKS DRAMA TERSEBUT KEHILANGAN STRUKTUR EPILOG SEHINGGA BERPOTENSI MENIMBULKAN CERITA YANG TERKESAN MENGGANTUNG DI BAGIAN AKHIR.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks drama:

brainly.co.id/tugas/10936409

Detil jawaban

Kelas: IX

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 10 - Drama

Kode kategori: 9.1.10

Kata kunci: naskah, drama, struktur, prolog, dialog, epilog, resolusi, komplikasi, orientasi


6. kegiatan 8.5tolong bantu


Drama merupakan menirukan tindakan sehari-hari yang ditampilkan. Menurut KBBI, drama adalah persatuan sejumlah prosa pembentuk kehidupan melalui perilaku dan ekspresi.  

Pembahasan

Unsur-Unsur Drama

Tema Teks

Tema adalah inti pembahasan drama yang menjadi penggambaran keseluruhan cerita. Tema tertulis secara tersirat ataupun secara tidak langsung pada drama. Tema mengungkapkan keseluruhan isis drama.

Amanat Teks

Amanat adalah pesan kebaikan dari penulis untuk dilaksanakan pembaca. Amanat dapat bersifat tersurat atau secara langsung, dan ada pula yang tersirat atau secara tidak langsung.

Alur

Alur adalah jalan cerita sebagai penghubungan sebab dan akibat terjadinya suatu peristiwa.

a) Perkenalan

Perkenalan adalah tahap awal perkenalan para tokoh dan sifatnya.

b) Konflik (Awal permasalahan)

Konflik adalah tahap awal sebuah permasalahan antar tokoh.

c) Klimaks (Puncak masalah)

Klimaks adalah puncak sebuah konflik/masalah.

d) Antiklimaks (Awal penyelesaian)

Antiklimaks adalah penyelesaian konflik pertama yang terjadi oada suatu drama atau cerita.

e) Penyelesaian

Penyelesaian merupakan tahap akhir, berupa kebahagiaan, atau kesedihan pada drama.

Penokohan

Tokoh merupakan pemeran dalam sebuah drama.

a) Berdasarkan Sisi Keterlibatan Tokoh

Tokoh sentral (utama) : Merupakan tokoh yang utama dalam drama.Tokoh bawahan : Merupakan tokoh yang tidak berpengaruh besar, tapi terlibat dalam pengembangan alur. Tokoh latar (pembantu) : Merupakan tokoh yang tidak membantu alur, hanya melengkapi drama.

b) Berdasarkan Watak Penokohan

Tokoh Antagonis : Tokoh yang bersifat baik Tokoh protagonis : Tokoh yang bersifat jahat Dialog

Bagian dialog terdiri dari orientasi (awal masalah), komplikasi (puncak sebuah masalah), dan resolusi (penyelesaian masalah).

a) Orientasi

Orientasi merupakan pengenalan bagian awal cerita berupa konflik atau masalah yang terjadi.

b) Komplikasi

Komplikasi terdapat pada bagian tengah drama, dan memuncaknya sebuah konflik.

c) Resolusi

Resolusi merupakan penutupan cerita berupa penyelesaian konflik yang terjadi dalam drama.

Latar

Latar merupakan penulisan berupa suatu tempat, waktu atau suasana yang ada dalam drama.

Latar tempat : Merupakan tempat terjadinya suatu peristiwa dalam drama Latar waktu : Merupakan waktu terjadinya suatu peristiwa dalam drama Latar suasana : Merupakan suasana yang terjadi dalam drama Epilog

Epilog adalah penutup cerita. Berisi pesan atau amanat.

Penyelesaian

Kegiatan 8.5

A. Jelaskan struktur teks drama berikut bersama kelompokmu. Tunjukkan bagian-bagiannya  secara sistematis, yang meliputi prolog, orientasi, komplikasi, resolusi, dan epilognya. Simpulkanlah tentang lengkap-tidaknya bagian- bagiannya itu!

Prolog  

Pagi-pagi, suasana di kelas IX SMP Sambo Indah cukup ramai. Bermacam-macam

tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku. Ada pula yang keluar masuk kelas.

Orientasi

Siang hari. Anak-anak SMP Sambo Indah pulang sekolah, Inka mendatangi Arga.

Hari berikutnya, sewaktu istirahat pertama.

Di perjalanan, hari sudah siang. Inka dan Gendis berjalan kaki pulang sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.

Komplikasi  

Inka : ”Arga, kenapa sih kamu selalu usil? Kenapa kamu selalu mengejek

aku? Memangnya kamu suka kalau diejek?” (cemberut)

Agra : (Tertawa-tawa) ”Aduh…maaf deh! Kamu marah ya, In?”

Inka : ”Iya dong. habis…kamu nakal. Kamu memang sengaja mengejek

aku kan, biar anak-anak sekelas menertawakan aku.”

Agra : ”Wah…jangan marah dong, aku kan cuma bercanda. Eh, katanya

marah itu bisa menghambat pertumbuhan gigi, nanti kamu

giginya dua terus, hahaha…”

Agra : (Duduk tidak jauh dari Gendis) ”Dis, nama kamu kok

bagus sih. mengeja nama Gendis itu gimana?”

Gendis : ”Apa sih, kamu mau mengganggu lagi, ya? Beraninya cuma

sama anak perempuan.”

Agra : ”Aku kan cuma bertanya, mengeja nama Gendis itu gimana.

Masak gitu aja marah.”

Gendis : ”Memangnya kenapa sih? (Curiga) Gendis ya mengejanya

G-E-N-D-I-S dong!”

Agra : ”Haaa…kamu itu gimana sih Dis. Udah SMP kok belum

bisa mengeja nama sendiri dengan benar. Gendis itu

mengejanya G-E-M-B-U-L. Itu kayak pamannya Bobo,

hahaha….”

Resolusi  

Agra : (Bicara sendiri) ”Ternyata kalau aku nggak nakal, sahabatku

tambah banyak,” pikir Arga. ”Ternyata juga, punya banyak sahabat itu menyenangkan. Kalau mereka ulang tahun kan aku jadi sering ditraktir, hihihi….”

Epilog  

Agra betul-betul menepati janjinya. Sejak kejadian itu, ia tak pernah mengganggu teman-temannya lagi. Arga pun jadi punya banyak sahabat, termasuk Inka dan Gendis. Mereka sering mengerjakan PR dan belajar bersama.

Kesimpulan

Struktur teks drama dalam drama di atas cukup lengkap.

Pelajari Lebih Lanjut Fungsi dialog dalam drama : brainly.co.id/tugas/22428948 Aturan dalam menulis langkah drama : brainly.co.id/tugas/22641685 Detil Jawaban

Mapel : Bahasa Indonesia

Kelas : VIII

Bab : 1

Materi : Drama-Drama Kehidupan

Kode Kategorisasi : 8.8.1

Kata Kunci : Drama, Kegiatan 8.5

≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡

#OptiTeamCompetition

7. Tolong jelaskan kegiatan 8.5 bagian B


Jawaban:

btw mau nanya ni Kelas berapa?


8. hasil pembagian dari 8.5÷6/8 adalah​


Penjelasan dengan langkah-langkah:

8,5 ÷6/8

=85/10 ÷ 6/8

=85/10×8/6

=680/60

=6 20/60

=6 1/3

Jawaban:

jawabannya adalah 34/3 kalok gak salah


9. bahasa Inggris kelas 8 halaman 212-214. (find the meaning of the notice). tolong dibantu ya....


Find The Meaning Of The NoticeHalaman tempat bermain dan halaman sekolah ditutup pada pukul 10.00 malam.Penggunaan ponsel dilarang di halaman sekolah.Pemberitahuan sekolah yang aman. Selamat datang di sekolah kita pengunjung harus mendaftar di kantor utama. Narkoba dan senjata tidak diperbolehkan, dilarang melintas.Pemberitahuan kesehatan. Tidak boleh ada hewan peliharaan di halaman sekolah.Pemberitahuan zona sekolah. Area ini di lindungi oleh CCTV.Pengunjung. Selamat datang di sekolah kami, silakan gunakan pintu masuk utama dan daftar di kantor.Ini sekolah bebas asap rokok. Bahwa merokok dilarang.Khusus parkir untuk bis sekolah.Zona sekolah bebas narkoba.Pemberitahuan. Menyiram toilet setelah selesai menggunakan.

Pembahasan

Notice

Merupakan bentuk pemberitahuan atau peringatan yang umumnya menggunakan kalimat-kalimat yang singkat dan jelas guna memerintahkan ke setiap masyarakat untuk mematuhi peraturan tersebut, notice atau pemberitahuan biasa dipasang di zona sekolah, tempat umum, toilet, pom bensin, dll.

Pada pertanyaan di atas memerintahkan kepada si penjawab untuk mengartikan setiap notice yang tertera pada gambar soal (find the meaning of the notice).

Notice forms:

Kalimatperintah/imperative sentence, guna untuk memerintahkan sesuatu kepada siapa saja kepada publik.Kalimatlarangan/prohibition sentence, berfungsi sebagai sarana untuk melarang melakukan sesuatu yang tidak diizinkan.Bentuk pemberitahuandengansimbolrambu/sign symbol, umumnya ini dipasang di jalanan yang menunjukkan beberapa rambu-rambu yang memiliki makna yang harus dipatuhi.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang imperative sentence and notice

https://brainly.co.id/tugas/22290881https://brainly.co.id/tugas/19013255https://brainly.co.id/tugas/22751159https://brainly.co.id/tugas/20233328

Detail Jawaban

Grade : VIII SMP

Subject : English

Material : Imperative and telling rules

Categorization Code : 8.5.11

Keyword : Defintion of notice, notice forms, and find the meaning of the notice


10. Bahasa indonesian. Kegiatan 8.5


Jawaban:

bro maksud lu apaan bruh


11. hasil pembagian 108.8 ÷ 8.5​


108.8:8.5=12.8

semoga membantu^_^

maaf kalau salah

Jawaban:

108.8 ÷ 8.5 =12.8

Penjelasan dengan langkah-langkah:

maaf klo salah

saya cari di kalkuator


12. ayo kita berlatih 8.5 mtk kelas 8 semester 2, tolong dibantu yaa​


Ayo kita berlatih 8.5 mtk kelas 8 semester 2. Soal yang disajikan terdiri dari 9 soal adalah tentang volume prisma yaitu

V = luas alas × tinggi

Pembahasan

1. Gambar yang disajikan adalah prisma trapesium dengan  

Panjang sisi sejajarnya adalah 5 m dan 3 m Tinggi trapesium = 30 m Tinggi prisma = 10 m

Jawaban

Volume air dalam kolam adalah

= luas trapesium × tinggi prisma

= (½ × jumlah sisi sejajar × tinggi) × 10 m

= (½ × (5 m + 3 m) × 30 m) × 10 m

= (½ × 8 m × 30 m) × 10 m

= 120 m² × 10 m

= 1.200 m³

2. Prisma segitiga siku-siku dengan ukuran

Panjang sisi-sisi segitiga = 12 cm, 16 cm dan 20 cm (20 cm adalah panjang sisi miring) Tinggi prisma = 30 cm

Jawaban

Volume prisma adalah

= luas segitiga × tinggi prisma

= (½ × alas × tinggi) × 30 cm

= (½ × 12 cm × 16 cm) × 30 cm

= 96 cm² × 30 cm

= 2.880 cm³

3. Prisma belah ketupat dengan ukuran

Panjang diagonal = 16 cm dan 20 cm Tinggi prisma = 24 cm

Jawaban

Volume prisma

= luas belah ketupat × tinggi prisma

= (½ × d₁ × d₂) × 24 cm

= (½ × 16 cm × 20 cm) × 24 cm

= 160 cm² × 24 cm

= 3.840 cm³

4. Dua buah prisma segitiga siku-siku memiliki

Tinggi prisma yang sama = T Tinggi segitiga yang sama = t Alas segitiga A = 3 × alas segitiga siku-siku B ⇒ a₁ = 3a₂

Perbandingan volume prisma A dan prisma B = … ?

Jawaban

Luas segitiga A = ½ × alas × tinggi = ½ × a₁ × t = ½ × 3a₂ × t Luas segitiga B = ½ × alas × tinggi = ½ × a₂ × t

Jadi perbandingan volume prisma A dan prisma B adalah

[tex]\frac{V_{A}}{V_{B}} = \frac{luas \: segitiga \: A \times tinggi \: prisma}{ luas \: segitiga \: B \times tinggi \: prisma } [/tex]

[tex]\frac{V_{A}}{V_{B}} = \frac{(\frac{1}{2} \times 3a_{2} \times t) \times T}{ (\frac{1}{2} \times a_{2} \times t) \times T} [/tex]

[tex]\frac{V_{A}}{V_{B}} = \frac{3}{1} [/tex]

[tex]V_{A} \: : \: V_{B} = 3 \: : \: 1[/tex]

5. Tenda berbentuk prisma segitiga dengan ukuran

Alas segitiga = 2,5 m Tinggi prisma = 4 m Tinggi tenda = tinggi segitiga = … ?

Jawaban

Volume = 10 m³

Luas segitiga × tinggi prisma = 10

(½ × alas × tinggi) × 4 = 10

(½ × 2,5 × t) × 4 = 10

5 × t = 10

t = 2

Jadi tinggi tenda = 2 m

6. Prisma belah ketupat dengan ukuran

Diagonal 1 = d₁ = 10 cm Keliling belah ketupat = 52 cm Luas selimut prisma = 1.040 cm²

Jawaban

Keliling = 52

4s = 52

s = [tex]\frac{52}{4}[/tex]

s = 13

d₁ = 10 maka ½ d₁ = 5

dengan menggunakan teorema Pythagoras, diperoleh

(½ d₁)² + (½ d₂)² = s²

(5)² + (½ d₂)² = 13²

25 + (½ d₂)² = 169

(½ d₂)² = 169 – 25  

(½ d₂)² = 144

½ d₂ = 12

d₂ = 2 (12)

d₂ = 24

Luas selimut prisma = 1.040

Keliling alas × tinggi = 1.040

52 × t = 1.040

t = [tex]\frac{1.040}{52}[/tex]

t = 20

Jadi volume prisma tersebut adalah

= luas belah ketupat × tinggi

= (½ × d₁ × d₂) × 20 cm

= (½ × 10 cm × 24 cm) × 20 cm

= 120 cm² × 20 cm

= 2.400 cm³

7. Ukuran balok: 10 dm × 8 dm × 6 dm

Ukuran prisma: luas alas = 96 dm² dan tinggi = 9 dm

Balok berisi penuh air, dituangkan kedalam prisma sehinggi tinggi air = … ?

Jawab

Volume air dalam prisma = volume balok

Luas alas × tinggi air = p × l × t

96 cm² × tinggi air = 10 dm × 8 dm × 6 dm

96 × tinggi air = 480

Tinggi air = [tex]\frac{480}{96}[/tex]

Tinggi air = 5 dm

8. Prisma segitiga dengan ukuran

Panjang sisi-sisi segitiga = 5 dm, 12 dm, 13 dm Volume prisma = 540 dm³

Jawaban

Segitiga tersebut adakah segitiga siku-siku karena berlaku teorema Pythagoras yaitu

13² = 5² + 12²

Jadi

Luas segitiga  

= ½ × alas × tinggi

= ½ × 5 dm × 12 dm

= 30 dm²

Keliling segitiga

= 13 dm + 5 dm + 12 dm

= 30 dm

Volume prisma = 540

Luas alas × tinggi = 540

30 × t = 540  

t = [tex]\frac{540}{30}[/tex]

t = 18

Jadi luas permukaan prisma adalah

= 2 × luas alas + keliling alas × tinggi

= 2 × 30 dm² + 30 dm × 18 dm

= 60 dm² + 540 dm²

= 600 dm²

9. Volume prisma = 120 cm³

Banyak sekali kemungkinan rancangan prisma yang dapat dibuat

Prisma segitiga siku-siku dengan ukuran

Panjang sisi-sisi segitiga 3 cm, 4 cm, 5 cm dan tinggi prisma 20 cm Panjang sisi-sisi segitiga 5 cm, 12 cm, 13 cm dan tinggi prisma 4 cm  Panjang sisi-sisi segitiga 8 cm, 15 cm, 17 cm dan tinggi prisma 2 cm Panjang sisi-sisi segitiga 6 cm, 8 cm, 10 cm dan tinggi prisma 5 cm

Prisma belah ketupat dengan ukuran

Tinggi prisma 5 cm dan panjang diagonalnya 8 cm dan 6 cm Tinggi prisma 10 cm dan panjang diagonalnya 6 cm dan 4 cm

dan masih banyak lagi kemungkinan-kemungkinannya

Pelajari lebih lanjut  

Contoh soal lain tentang prisma

Banyak rusuk dan sisi pada prisma segi 6: brainly.co.id/tugas/2490177 Luas permukaan prisma segiempat: brainly.co.id/tugas/2015562 Volume prisma belah ketupat: brainly.co.id/tugas/10037822

------------------------------------------------

Detil Jawaban    

Kelas : 8

Mapel : Matematika

Kategori : Bangun Ruang

Kode : 8.2.8

#AyoBelajar


13. Jawaban paket b indo kelas 8 halaman 214 berdasarkan drama halaman 215​


Drama adalah sebuah seni pertunjukan yang menampilkan sebuah karya sastra di atas panggung. Berkat adanya drama, kita dapat menikmati sebuah karya sastra langsung di depan mata kita berkat para pemeran yang memerankan para tokoh dan membawakan cerita seperti yang tercantum dalam naskah drama yang dipilih.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan sebuah teks drama ke dalam struktur penyusunnya. Adapun tanggapan terhadap struktur tersebut dapat kamu isi berdasarkan tanggapan yang diberikan oleh teman-temanmu.

Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

TEKS DRAMA

PROLOG

Pagi-pagi, suasana di kelas IX SMP Sambo Indah cukup ramai. Bermacammacam  tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku. Ada pula yang keluar masuk kelas.

ORIENTASI

Cahyo : ”Ssst….Bu Indati datang!” (Para siswa segera beranjak duduk di

tempatnya masing-masing)

Bu Indati : ”Selamat pagi, Anak-anak!” (ramah)

Anak-anak : ”Selamat pagi, Buuuuuu!” (kompak).

Bu Indati : ”Anak-anak, kemarin Ibu memberikan tugas Bahasa Indonesia

membuat pantun, semua sudah mengerjakan?”

Anak-anak : ”Sudah Bu.”

Bu Indati : ”Arga, kamu sudah membuat pantun?”

Agra : ”Sudah dong Bu.”

Bu Indati : ”Coba kamu bacakan untuk teman-temanmu.”

Agra : (tersenyum nakal)

”Jalan ke hutan melihat salak,

Ada pula pohon-pohon tua

Ayam jantan terbahak-bahak

Lihat Inka giginya dua”

Anak-anal : (Tertawa terbahak-bahak).

KOMPLIKASI

Inka : (Cemberut, melotot pada Agra)

RESOLUSI

Bu Indati : ”Arga, kamu nggak boleh seperti itu sama temannya.” (Agak  kesal) Kekurangan orang lain itu bukan untuk ditertawakan.  Coba kamu buat pantun yang lain.”

Agra : ”Iya Bu!” (masih tersenyum-senyum).

EPILOG

-

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang struktur drama:

https://brainly.co.id/tugas/14395359

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 1 - Sastra

Kode kategori: 8.1.1

Kata kunci: drama, struktur, prolog, dialog, epilog, orientasi, komplikasi, resolusi


14. 3. Suhu manakah yang lebih tinggi, -8° dan - 57A 8.5C. 8.5B. -8 - -D-8-5​


Jawaban:

suhu yg lebih tinggi adalah -8°


15. jawaban Bina kelas 8 semester 2 halaman 214 yg A​


Jawaban:

mana kakak soalnya ?. kok cuma disuruh jawab tapi gak ada soalnya???!!


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Kegiatan 8.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 Hal 214 Bagian B"