Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Silabus Dan Rpp


Contoh Silabus Dan Rpp

contoh RPP dan SIlabus unsur-unsur intrinsik cerpen

1. contoh RPP dan SIlabus unsur-unsur intrinsik cerpen


unsiur intrisnsik : tema, latar , alur , amanat , tokoh

2. bagaimana kaitannya silabus dengan RPP


silabus adalah rangkaian misi pembelajaran dan RPP adalah aplikasi dari silabus yang kita buat.

3. Apa perbedaan RPP dengan silabus?


***SILABUS***
silabus ialah perluasan akan standar kompetensi serta kompetensi dasar yang masuk ke dalam materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian untuk penilaian hasil belajar. 

Silabus mengusung kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar. Silabus hanya disusun untuk keperluan selama satu semester dan tidak menyertakan langkah-langkah pembelajaran.

***RPP***
Kepanjangan dari “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran” yang diartikan sebagai suatu rencana yang memperlihatkan prosedur serta pengorganisasian pembelajaran demi tercapainya kompetensi dasar yang diatur menurut Standar Isi dan dijelaskan sesuai silabus.

RPP mencakup secara keseluruhan yang tertuang pada langkah-langkah pembelajaran. Umumnya hanya disusun untuk satu pertemuan atau per Bab.

***KESIMPULAN***
Berdasarkan penjabaran di atas maka perbedaan Silabus dan RPP hanya terletak pada tujuan penyusunan. Silabus dipersiapkan untuk keperluan selama satu semester, sedangkan RPP dipersiapkan untuk satu pertemuan atau per Bab. RPP mencakup langkah-langkah pembelajaran sedangkan Silabus tidak ada.

4. perbedaan penilaian pd silabus dan RPP


Perbedaan penilaian pd silabus dan RPP:
Silabus dan RPP perbedaannya hanya terletak pada tujuan penyusunan. Silabus dipersiapkan dan dinilai untuk keperluan selama satu semester, sementara RPP dipersiapkan dan dinilai untuk satu pertemuan atau per bab. RPP mencakup langkah-langkap pembelajaran, sedangkan silabus tidak ada mencangkup langkah-langkah pembelajaran sama sekali.

5. tujuan pembuatan rpp dan silabus?


pembuatan rpp dan silabus memiliki tujuan sebagai patokan dalam pembelajaran.jadi dari silabus materi akan dituangkan ke dalam rpp.dan nantianya rpp itu dijadikan landasan dalam pembelajaran dikelas
terimakasih

6. 17. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut: *​


Jawaban:

perbedaan antara silabus dan RPP adalah terletak pada waktu yang direncanakan atau dicapai. Silabus merencanakan pembelajaran dalam satu semester, sedangkan RPP merencanakan pembelajaran dalam satu kali tatap muka atau satu bagian materi pembelajaran


7. Jelaskan Peran Silabus dan RPP bagi proses pebelajaran IPS MI dalam kegiatan belajar mengajar ?


Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar 

SeMoGa bEtUl ........

8. perbedaan penilaian pd silabus dan RPP terletak pada


Mata pelajaran: Ujian Nasional

Kelas: SMA

Kategori: silabus dan RPP

Kata kunci: Perbedaan penilaian pada silabus dan RPP

Pembahasan:

 

A.SILABUS

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.


Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.


Penilaian ialah jenis, bentuk, dan instrumen yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur  keberhasilan belajar siswa.Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Contohnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi harus diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara, maupun produk/hasil melakukan observasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan.

 

B. RPP (Rencana pelaksanaan pembelajaran)

Rencana pelaksanaan pembelajaran ialah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.  Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih.


RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu mempunyai persamaan. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk menuntaskan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga perkiraan waktunya belum tahu pasti berapa pertemuan yang akan dilakukan. Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai.


Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan nontes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, sikap, penilaian hasil karya berupa proyek atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri.

 Jenis penilaian yang dapat digunakan dalam system penilaian berbasis kompetensi, antara lain sebagai berikut.

a.Kuis, bentuknya berupa isian singkat dan menanyakan hal-hal yang bersifat prinsip. Biasanya dilakukan sebelum mata pelajaran dimulai, kurang lebih 15 menit. Kuis dilakukan untuk mengungkap kembali penguasaan pembelajaran oleh siswa.

b.Pertanyaan lisan di kelas, yaitu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan tujuan memperkuat pemahaman terhadap konsep, prinsip, atau teori.

c.Ulangan harian, adalah ujian yang dilakukan setiap saat, misalnya 1 atau 2 materi pokok selesai diajarkan.

d.Tugas individu, yaitu tugas yang diberikan kapan saja, biasanya untuk memeperkaya materi pembelajaran, atau untuk persiapan program-program pembelajaran tertentu.

e.Tugas kelompok, yaitu tugas yang dikerjakan secara kelompok (5-7 siswa). Jenis tagihan ini digunakan untuk menilai kemampuan kerja sama di dalam kelompok.

f. Ujian sumatif, yaitu ujian yang dilakukan setiap satu standar kompetensi atau beberapa satuan komptensi dasar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan penilaian adalah sebagai berikut.

a.Untuk mengukur pencapaian kompetensi peseta didik, yang dilakukan berdasarkan indikator,

b.Menggunakan acuan criteria,

c.Menggunakan system penilaian berkelanjutan,

d.Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut,

e.Sesuai dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam kegiatan pembelajaran

 

 

 


9. jelaskan dasar dasar penyusunan silabus dan rpp


Penjelasan:

dasar dasar penyusunan silabus dan rpp/rencana pelaksanaan pembelajaran adalah kurikulum

jadi kl kurikulumnya kurtilas/kurikulum tdk jelas nnt rpp dan silabusnya juga amburadul ga jelas

sekian

semoga membantu

^_^


10. jelaskan persamaan silabus dan rpp​


Jawaban:

Keduanya merupakan satu rangkaian perencanan proses pembelajaran

Penjelasan:

Jawaban:

Silabus maupun RPP sama-sama dijadikan sebagai landasan rencana kegiatan pembelajaran dan sama-sama mencakup Kompetensi Dasar. Karena sebenarnya RPP sendiri adalah perkembangan dari silabus.

Penjelasan:

Silabus adalah salah satu komponen perangkat pembelajaran dari rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.

Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.

semoga membantu ☺


11. rpp silabus dan prakarya kelas 11


........................

12. perbedaan rpp dan silabus


RPP dan silabus adalah bahan yang digunakan dalam melakukan kegiatan proses pembelajaran yang terdapat pada sebuah pendidikan. Berikut adalah perbedaan yang ada didalamnya

Silabus

Silabus adalah sebuah bentuk dari rencana pembelajaran yang terrdapt pada sebuah kelompok dari mata pelajaran dengan sebuah tema tertentu yang termasuk ke dalam sebuah standar dari kompetensi, kompetensi dasar, dan juga materi yang terdapt pada sebuah pembelajaran. Kemudian hal ini menjadikan sebuah silabus sebagai sebuah perangkat dari rencana yang akan berguna untuk emalkukan pengaturan terhadap pelaksanaan dari pembelejaran dan juga penilaian yang dimana telah dilakukan penyusunan secara sistematis dengan berbagai macam bentuk komponen yang ada.

RPP

RPP atau yang disebut sebagai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah sebuah bentuk dari rencana yang akan melakukan penggambaran dan juga prosedur dalam sebuah pengorganisasian pembelajaran guna untuk mencapai sebuah bentuk dari kompetensi dasar yang akan dilakukan penetapakan ke dalam sebuah standar isi dan akan dilakukan penjabaran ke dalam silabus.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang  silabus itu apa yaa ? https://brainly.co.id/tugas/490247

 

-----------------------------

 Detil jawaban

Kelas:  2

Mapel:  B. Indonesia

Bab:  Bab 4 - Sekolahku Indah

Kode:  2.1.4


13. Perbedaan penilaian silabus dan rpp terletak pada


Pengembangan Silabus diserahkan sepenuhnya kepada setiap satuan pendidikan, khususnya bagi yang sudah mampu melakukannya. Oleh karena itu, setiap satuan pendidikan di beri kebebasan dan keleluasaan dalam mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing

prinsip pengembangan silbalus ; 1 . ilmiah 2. relavan 3. sistematis 4. konsisten 5. memadai 6. aktual

kalo RPP
Pengembangan Rencana Pelaksanaan pembelajaran harus ilmemperhatiikan perhatian hldan karakteristik peserta didik terhsdap materi materi yang dijadikan bahan kajian.

pengembangan RPP
A. rencana pelaksanaan pembelajaran harus sederhana dan pelaksanaan
B.kompetensi yang dirumuskan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran harus jelas, makin konkrit, kompetensi makin mudah di amati, dan makin cepat

ini bukan pelajaran penjaskes gan

14. cara membuat silabus dan rpp


Ikuti petunjuk resmi dan pedoman apa sajakah yang harus ada, misalnya penilaian, ketepatan waktu, dan lain-lain. Misalnya, di RPP tertulis terlambat 1-15 menit dihukum mengarang 500 kata bahasa Inggris, lebih dari 15 menit 750 kata.

15. ada yang punya rpp dan silabus bahasainggris smk kelas 11 k13?


gak punyya.... tulis saja soalnya insyaa Allah aku bisa bantu

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Silabus Dan Rpp"