Instrumen Penilaian Rpp
rancangan penilaian pada RPP mencakup....
1. rancangan penilaian pada RPP mencakup....
Rancangan penilaian pada RPP mencakup UUD
2. rancangan penilaian pada RPP mencakup....
1.Memuat aktivitas proses belajar mengajar yang akan dilaksanakan oleh guru yang akan menjadi pengalaman belajar bagi siswa.
2.Langkah-langkah pembelajaran disusun secara sistematis agar tujuan pembelajaran dapat dicapai.
3.Langkah-langkah pembelajaran disusun serinci mungkin, sehingga apabila RPP digunakan oleh guru lain (misalnya, ketiga guru mata pelajaran tidak hadir), mudah dipahami dan tidak menimbulkan penafsiran ganda.
3. Perbedaan penilaian silabus dan rpp terletak pada
Pengembangan Silabus diserahkan sepenuhnya kepada setiap satuan pendidikan, khususnya bagi yang sudah mampu melakukannya. Oleh karena itu, setiap satuan pendidikan di beri kebebasan dan keleluasaan dalam mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing
prinsip pengembangan silbalus ; 1 . ilmiah 2. relavan 3. sistematis 4. konsisten 5. memadai 6. aktual
kalo RPP
Pengembangan Rencana Pelaksanaan pembelajaran harus ilmemperhatiikan perhatian hldan karakteristik peserta didik terhsdap materi materi yang dijadikan bahan kajian.
pengembangan RPP
A. rencana pelaksanaan pembelajaran harus sederhana dan pelaksanaan
B.kompetensi yang dirumuskan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran harus jelas, makin konkrit, kompetensi makin mudah di amati, dan makin cepat
ini bukan pelajaran penjaskes gan
4. RPP PKn kelas V berbasis portofolio dengan penilaian hots
Penjelasan:
rpp tematik kelas 5 model portofolio
5. Buat RPP tema/mapel secara singkat yang memuat tahapan pembelajaran, indikator, alat bahan dan instrumen penilaian. Dalam tahapan yang dilakukan munculkan ke- giatan dirancang konsisten dengan penguatan integritas.
Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus.
Sementara itu menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Dasar, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemua atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar merupakan pendekatan pembelajaran Tematik Terpadu dari kelas I sampai kelas VI.
Menurut panduan teknis penyusunan RPP di Sekolah Dasar, pengembangan RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik atau yang disebut RPP Tematik. RPP tematik adalah rencana pembelajaran tematik terpadu yang dikembangkan secara rinci dari suatu tema. Langkah-langkah pengembangan RPP tematik adalah:
1.Mengidentifikasi materi pembelajaran
2.Menentukan tujuan
3.Mengembangkan kegiatan Pembelajaran
4.Penjabaran jenis penilaian
5.Menentukan alokasi waktu
6.Menentukan sumber belajar.
7.Mengkaji silabus tematik
Semoga membantu maaf klo salah
Tolongjadikanjawabanterbaikplease:)6. . Buat RPP tema/mapel secara singkat yang memuat tahapan pembelajaran, indikator, alat bahan dan instrumen penilaian. Dalam tahapan yang dilakukan munculkan ke- giatan dirancang konsisten dengan penguatan integritas.
Jawaban:
gak tau
Penjelasan:
gak ngerti banget karna aku bukan ahlinya:>
7. instrumen penilaian untuk diskusi
kekompakan dan kerja sama antar kelompok
8. buatlah instrumen penilaian untuk penilaian kognitif,afektif masing masing 5 contoh
http://www.academia.edu/7514418/TEKNIK_DAN_BENTUK_INSTRUMEN_PENILAIAN_sikap
9. Apakah relevansi penilaian dengan tujuan pembelajaran yang tertera dalam RPP ?
Jawaban:
kebaikan lebih baik dari pada kejahatan
Penjelasan:
maaf kalau salah
10. perbedaan penilaian pd silabus dan RPP
Perbedaan penilaian pd silabus dan RPP:
Silabus dan RPP perbedaannya hanya terletak pada tujuan penyusunan. Silabus dipersiapkan dan dinilai untuk keperluan selama satu semester, sementara RPP dipersiapkan dan dinilai untuk satu pertemuan atau per bab. RPP mencakup langkah-langkap pembelajaran, sedangkan silabus tidak ada mencangkup langkah-langkah pembelajaran sama sekali.
11. apa yang terjadi jika guru tidak menyusun instrumen penilaian
instrumen penilaian merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar.
tanpa adanya instrumen penilaian maka guru tidak dapat mengukur dan menilai sejauh mana tingkat pemahaman siswa terkait materi atau topik yang diajarkan.
terkait dengan apakah siswanya telah mencapai hasil sesuai kriteria ketuntasan belajar atau belum.
12. apa saja instrumen yang diperlukan untuk penilaian sertifikasi
Jawaban:
instrument adalah untuk memasang WIFI
13. apa yang terjadi jika guru tidak menyusun instrumen penilaian
yg terjadi adalah kita tak akan belajar sungguh sungguh karena hidup akan kitaa lalui biasa saja tidak ada perjuangan,maaf kalo salah jgn marah ya
14. Membuat instrumen penilaian diri diperlukan untuk ... .
bisa bekerja
maaf y klo slh haha
15. perbedaan penilaian pd silabus dan RPP terletak pada
Mata pelajaran: Ujian Nasional
Kelas: SMA
Kategori: silabus dan RPP
Kata kunci: Perbedaan penilaian pada silabus dan RPPPembahasan:
A.SILABUS
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.
Penilaian ialah jenis, bentuk, dan instrumen yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur keberhasilan belajar siswa.Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Contohnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi harus diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara, maupun produk/hasil melakukan observasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan.
B. RPP (Rencana pelaksanaan pembelajaran)
Rencana pelaksanaan pembelajaran ialah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih.
RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu mempunyai persamaan. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk menuntaskan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga perkiraan waktunya belum tahu pasti berapa pertemuan yang akan dilakukan. Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai.
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan nontes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, sikap, penilaian hasil karya berupa proyek atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri.
Jenis penilaian yang dapat digunakan dalam system penilaian berbasis kompetensi, antara lain sebagai berikut.
a.Kuis, bentuknya berupa isian singkat dan menanyakan hal-hal yang bersifat prinsip. Biasanya dilakukan sebelum mata pelajaran dimulai, kurang lebih 15 menit. Kuis dilakukan untuk mengungkap kembali penguasaan pembelajaran oleh siswa.
b.Pertanyaan lisan di kelas, yaitu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan tujuan memperkuat pemahaman terhadap konsep, prinsip, atau teori.
c.Ulangan harian, adalah ujian yang dilakukan setiap saat, misalnya 1 atau 2 materi pokok selesai diajarkan.
d.Tugas individu, yaitu tugas yang diberikan kapan saja, biasanya untuk memeperkaya materi pembelajaran, atau untuk persiapan program-program pembelajaran tertentu.
e.Tugas kelompok, yaitu tugas yang dikerjakan secara kelompok (5-7 siswa). Jenis tagihan ini digunakan untuk menilai kemampuan kerja sama di dalam kelompok.
f. Ujian sumatif, yaitu ujian yang dilakukan setiap satu standar kompetensi atau beberapa satuan komptensi dasar.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan penilaian adalah sebagai berikut.
a.Untuk mengukur pencapaian kompetensi peseta didik, yang dilakukan berdasarkan indikator,
b.Menggunakan acuan criteria,
c.Menggunakan system penilaian berkelanjutan,
d.Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut,
e.Sesuai dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam kegiatan pembelajaran
Posting Komentar untuk "Instrumen Penilaian Rpp"