Format Agenda Surat Masuk Doc
langkah kerja membuàt format agenda surat masuk dan surat keluar. tolong dibantu ya :)
1. langkah kerja membuàt format agenda surat masuk dan surat keluar. tolong dibantu ya :)
Format buku agenda surat masuk dan keluar ini terdiri dari 6 kolom data isian, yakni No, Tanggal Surat, Nomor Surat, Asal Surat, Uraian dan Keterangan untuk agenda surat masuk. Sedangkan dalam agenda surat keluar masih tetap sama jumlah kolomnya tetapi data isiannya berbeda, yakni terdiri dari No, Tanggal Surat, Nomor Surat, Alamat Surat, Uraian dan Keterangan.
2. jenis buku agenda yang memiliki format yang sama adalah... A. buku agenda tunggal dan buku agenda kembar B. buku agenda tunggal dan buku agenda berpasangan C. buku agenda kembar dan buku agenda berpasangan D. buku agenda surat keluar dan buku agenda surat masuk buku agenda surat masuk dan buku agenda berpasangan
Jawaban:
c.buku agenda kembar dan buku agenda berpasangan
Penjelasan:
maaf kalo salah
3. Apa fungsi agenda surat masuk? Apa fungsi agenda surat keluar?
1. Sebagai alat bukti keluar masuknya surat
2. Untuk mengetahui jumlah surat masuk maupun keluar dalam kurun waktu tertentu.
3. Untuk mengetahui penomoran surat keluar.
4. Untuk membantu dalam melakukan pencarian surat.
semoga membantu
4. pengurusan surat masuk sistem buku agenda apa
buku agenda kembar
semoga membantu
5. buku agenda yang satu dipergunakan untuk mencatat surat masuk dan satu buku agenda lainnya untuk mencatat surat keluar disebut buku agenda?
Buku agenda kembar
#maafkalosalah
6. cara merubah format doc. ke pdf
Klik menu file --> Save as --> PDFCara merubah format .doc ke .pdf
silahkan saja masuk ke : http://www.printinpdf.com/convert
Semoga membantu . . .
7. Apa fungsi agenda Surat masuk
Jawaban:
FUNGSI SURAT MASUK.
Sebagai alat komunikasi. Sebagai wakil dari penulis. Sebagai alat bukti historis. Sebagai alat pengingat. Sebagai alat bukti tertulis.JADIKAN JAWABAN TERCERDAS YA.
8. Yang bukan termasuk format file digital dibawah ini adalah. ... doc jpg png gif
Jawaban:
mungkin png
Penjelasan:
maaf kalaubsalah
9. mengapa keluar masuknya surat dalam sebuah organisasi harus diagendakan
agar, bila surat yang masuk atau dikeluarkan pada suatu saat diperlukan, dapat dicari kembali dengan mudah..bila surat yg masuk atau di keluarkan pada suatu saat di perlukan dapat dicari kembali dengan mudah
semoga membantu :)
10. pengertian buku agenda surat masuk
Buku yang digunakan untuk menulis agenda surat masuk. Biasanya ada di kantor, perusahaan, atau organisasiBuku agenda adalah buku yang dipergunakan untuk mencatat surat masuk dalam jangka waktu satu tahun Buku agenda dibedakan menjadi 3 , Agenda tunggal Adalah buku agenda yang dipergunakan untuk mencatat surat masuk dan surat keluar sekaligus dengan nomor yang berurutan.
11. Pencatatan surat dapat dilakukan dengan menggunakan buku agenda. Buku yang digunakan untuk mencatat surat, baik surat masuk maupun surat keluar dalam satu format yang sama disebut buku agenda. . . A. kembar B. tunggal C. berpasangan D. kembar surat masuk E. berpasangan surat keluar bantu jawab ok secepatnya
Jawaban:
A.kembar
Penjelasan:
maaf jika salah semoga membantu
12. contoh buku agenda surat masuk
Contohnya sebagai berikut:
Semoga membantu:)
13. Mengapa setiap dokumen atau surat masuk perlu diagendakan ?
Karena setelah diagendakan, akan lebih terlihat rapi, sehingga kita lebih mudah dalam mencari dokumen penting, serta mempersingkat waktu pencarian dokumen dan juga kita dapat menambahkan jadwal penting dan waktunya. Semoga membantu ^_^
14. a)Menulis agenda surat masuk Lalah kegiatan mencatat surat masuk ke dalam buku agenda (buku harian).Buku ini bisa disebut sebagai buku agenda masuk (daily mail record).setiap surat masuk dicatat dan diberi nomer agenda surat masuk serta lembar disposisi. Terjemahkan ke inggris
Jawaban:
a)write the agenda of incoming letters is the activity of recording incoming letters into the agenda book (diary). This book can be referred to as an entry agenda book (daily mail record). each incoming letter is recorded and given the entry letter agenda number and disposition sheet
15. Sebutkan beberapa cara pendistribusian Pengagendaan surat masuk?
Jawaban:
1.) Penerimaan Surat
Penerimaan surat dapat dilakukan oleh mereka yang biasanya bekerja di bagian depan kantor atau front office, seperti satpam dan resepsionis (receptionist). Bahkan ada di perusahaan yang kecil penanganan suratnya dilakukan oleh resepsionis juga. Kegiatannya mulai dari menerima sampai penyimpanan arsip, Karena tempat mereka memang ada di pintu masuk suatu kantor, maka apabila ada surat yang masuk, haik yang diantar oleh petugas pos maupun oleh seorang kurir, merekalah yang sering kali menerima surat.
Tugas penerima surat adalah:
1.mengumpulkan setiap surat yang masuk,
2.meneliti ketepatan alamat
menandatangani bukti pengiriman bahwa surat sudah diterima. Jangan sampai ada surat yang salah alamat. jika alamat tidak tepat, maka surat itu harus dikembalikan kepada petugas pos atau kurir. Tetapi jika sudah tepat maka surat itu harus diberikan kepada petugas di bagian tata usaha atau bagian administrasi.
2.) Penyortiran Surat
Setelah surat diterima dari resepsionis selanjutnya surat dipisahkan berdasarkan alamat yang dituju. jika surat itu untuk perseorangan dan menyangkut masalah pribadi, maka surat dapat diberikan langsung kepada alamat yang dituju, tetapi apabila surat itu merupakan surat dinas karena menyangkut kepentingan perusahaan/organisasi, maka surat tersebut harus diproses lebih lanjut.
3.) Pencatatan Surat
Pencatatan dilakukan dengan menggunakan buku agenda. Petugas dapat membuka dan membaca surat untuk mengetahui apakah surat tersebut merupakan surat dinas biasa, penting atau rahasia. Untuk surat rahasia, petugas tidak diperbolehkan membaca surat, kecuali sudah diizinkan oleh pimpinan. Pencatatan ini sangat penting dilakukan, karena dapat diketahui volume surat masuk setiap hari, minggu, bulan, dan tahun. Juga memudahkan dalam penyimpanan sehingga surat akan lebih mudah ditemukan. Setelah dicatat selanjutnya petugas membubuhkan stempel agenda sebagai tanda bahwa surat sudah dicatat. Kemudian petugas memberikan surat tersebut kepada pimpinan dengan melampirkan lembar disposisi untuk mencatat instruksi pimpinan berkaitan dengan penanganan atau proses selanjutnya dari surat tersebut.
4.) Pengarahan Surat
Pengarahan surat adalah menentukan siapa saja yang selanjutnya akan memproses surat berkaitan dengan permasalahan surat. Pengarahan surat dilakukan oleh pimpinan, karena pimpinanlah yang akan bertanggungjawab terhadap penanganan surat tersebut. Pimpinan dapat menuliskan instruksinya pada lembar disposisi, dan menuliskan siapa yang harus memproses surat tersebut.
Lembar disposisi adalah lembar isian untuk mencatat instruksi dari pimpinan berkaitan dengan proses tindak lanjut dari surat yang diterima dari pihak lain. Orang yang ditunjuk oleh pimpinan untuk menindaklanjuti surat yang dimaksud akan menangani surat berdasarkan instruksi pimpinan tersebut.
5.) Penyampaian Surat
Jika pimpinan sudah menuliskan instruksinya di lemhar disposisi, maka surat tersebut berikut lembar disposisinya diberikan kepada prang yang ditunjuk oleh pimpinan yang telah ditulis di lembar disposisi. Jika prang yang dimaksud tersebut lebih dari satu, sebaiknya surat tersebut diperbanyak sehingga setiap prang yang ditunjuk akan mendapatkan salinan suratnya. Saat surat tersebut diberikan kepada prang yang telah ditunjuk, maka yang menerima harus menandatangani bukti penerimaan di huku ekspedisi intern.
Buku ekspedisi ada dua macam, yaitu:
Buku ekspedisi intern adalah huku yang digunakan untuk mencatat penyampaian/pengiriman, distribusi surat yang disampaikan di dalam lingkungan organisasi/perusahaan sendiri.
Buku ekspedisi ekstern adalah buku yang digunakan untuk mencatat penyampaian/pengiriman/distribusi surat kepada pihak lain di luar organisasi/perusahaan.
6.) Penyimpanan Surat
Jika surat sudah selesai diproses, maka surat asli harus diserahkan kepada bagian tata usaha untuk disimpan dengan menggunakan sistem penyimpanan tertentu, seperti sistem abjad. sistem subjek, sistem wilayah, sistem tanggal, atau sistem nomor.
Posting Komentar untuk "Format Agenda Surat Masuk Doc"