Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Permohonan Menjadi Pembicara


Contoh Surat Permohonan Menjadi Pembicara

Assalamu'alaikum selamat pagi para siswa apa kabar pagi ini, semoga baik-baik saja.oke hari ini mau melakukan Latihan di bawah ini. Ubah menjadi present perfect tenseSebagai contoh :+ Kami berbicara bahasa Inggris setiap Senin.+ Kami telah berbicara bahasa Inggris1.Mereka belajar bahasa Inggris di sekolah2. Dia membuka pintu setiap pagi3. Kami menulis surat setiap bulan4. Dia pergi ke sekolah setiap pagi5. Anda melakukan rumah Anda Bekerja setiap hari Jumat6. ibu memasak nasi Setiap pagi7.Saya menutup pintu di rumah setiap Sore.8. Dia minum segelas Kopi setiap malam9. Mereka makan malam Setiap malam10. Ibu tidur Kamar tidur Setiap malamkak mohon bantuannya semoga beruntung​

Daftar Isi

1. Assalamu'alaikum selamat pagi para siswa apa kabar pagi ini, semoga baik-baik saja.oke hari ini mau melakukan Latihan di bawah ini. Ubah menjadi present perfect tenseSebagai contoh :+ Kami berbicara bahasa Inggris setiap Senin.+ Kami telah berbicara bahasa Inggris1.Mereka belajar bahasa Inggris di sekolah2. Dia membuka pintu setiap pagi3. Kami menulis surat setiap bulan4. Dia pergi ke sekolah setiap pagi5. Anda melakukan rumah Anda Bekerja setiap hari Jumat6. ibu memasak nasi Setiap pagi7.Saya menutup pintu di rumah setiap Sore.8. Dia minum segelas Kopi setiap malam9. Mereka makan malam Setiap malam10. Ibu tidur Kamar tidur Setiap malamkak mohon bantuannya semoga beruntung​


Jawaban:

1. They have learned english at school

2. He has opened the door

3. We have written the letter

4. She has gone to school

5. You have done your homework

6. Mom has cooked the rice

7. I have closed the door in the house

8. He has drunk a coffe

9. They have had dinner

10. Mom has slept in bedroom

Penjelasan:

Ini udah bener semua, but nomer 5 gua gangerti b.indonya tuh maksudnya apa, gua nangkepnya pekerjaan rumah (PR), so yaa ikutin aja semua, tapi kalo nomer 5 gayakin gpp. Sorry


2. KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANBADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBINAAN BAHASAJalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta 13220, Kotak Pos 6259Telepon (021) 4706287, 4706288, 4896558, 4894564; Faksimile 4750407Laman: badanbahasa.kemdikbud.go.id; Pos-el (E-mail): badan.bahasa@kemdikbud.go.idNomor : 2191/G/TU/2021                                                                             Jakarta, 30 April 2021Lampiran : 1 berkasHal : Permohonan sebagai pembicara undangan pada KBI XIYth. Saudara Reyhan Wicaksono, S.T., M.T.IJalan K.H. Mas Mansyur Nomor 12Karet Tangsin, Tanah AbangJakartaDengan hormat,Kami beritahukan kepada Saudara bahwa Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan Konggres Bahasa Indonesia (KBI) XI, tahun 2021 dengan mengusung tema “Menjayakan Bahasa dan Sastra Indonesia”. Tema tersebut menjadi sangat penting karena saat ini bahasa Indonesia sedang berjuang untuk memantapkan perannya sebagai lambang identitas bangsa di tengah maraknya penggunaan bahasa asing diruang publik.Sehubungan dengan itu, saya bermaksud mengundang saudara sebagai pembicara undangan dengan topik “Penggunaan Bahasa dan Sastra dalam Teknologi Informasi sebagai Penguat Karakter Bangsa” pada:Hari, tanggal : selasa, 30 Oktober 2021Pukul : 08.00—10.00Tempat : Hotel Grand Sahid Jaya                             Jalan Jenderal Sudirman, Kaveling 86, Jakarta PusatPerlu kami sampaikan bahwa Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa akan menanggung biaya transportasi dan akomodasi Saudara selama pelaksanaan KBI IX, 28—31 Oktober 2021. Kami berharap Saudara dapat mengisi lembar kesediaan yang kami lampirkan bersama surat ini dan mengirimkan kembali lembar kesediaan tersebut paling lambat pada 10 mei 2021 melalui alamat pos-el: kbixi@kemdikbud.go.id. Sebagai bahan pertimbangan Saudara, kami juga melampirkan deskripsi singkat tentang KBI XI.Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kesediaan Saudara, kami ucapkan terima kasih.Salam takzim,Kepala Badan PengembanganDan Pembinaan Bahasa,Prof. Dr. dadang sunandar, M.HumNIP 196310241988031003Soal!Tulislah sepuluh kesalahan penulisan yang terdapat pada surat dinas tersebut! Setelah menuliskan kesalahan, buat pula revisi (perbaikan).Contoh:Pada surat tersebut, setiap unsur nama pengirim surat tidak diawali huruf kapital.Prof. Dr. dadang sunandar, M.Hum.           (salah)Prof. Dr. Dadang Sunandar, M.Hum.         (benar)​


Jawaban:

1. Kepala Badan Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa (salah)

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan ( benar)

2. selasa ,30 Oktober 2021 (salah)

Selasa ,30 Oktober 2021( benar)

3.Salam takzim (salah)

Salam Takzim ( benar)

4.biaya transportasi dan akomodasi (salah)

biaya Transportasi dan Akomodasi (benar)

5.Hari,tanggal :( salah)

Hari,Tanggal:( benar)

6.saudara sebagai pembicara (salah)

Saudara sebagai pembicara ( benar)

7.tahun 2021 (salah)

Tahun 2021( benar)

8.Hal:permohonan sebagai pembicara undangan pada KBI XI (salah)

Hal: Permohonan sebagai Pembicara Undangan pada KBI XI (benar)


3. 1.Jangan mencontek ketika ulangan! Kalimat di atas merupakan contoh kalimat perintah a. permintaan b. larangan c. perintah biasa d. permohonan e. harapan 2. Dengan hormat, kami mohon hadirin tenang! Perintah lisan pada kalimat di atas merupakan kalimat a. perintah biasa b. permohonan larangan c. ajakan d. permintaan e. pemberitahuan 3. Berikut ini merupakan contoh kalimat perintah, kecuali a. Kerjakan soal ini sebaik-baiknya! b. Tolong sampaikan kepadanya, bahwa ia boleh datang besok! c. Siapa yang mengatakan hal itu? d. Letakkan buku-buku itu di atas meja! e. Laporkan segera anggaran pengeluaran bulan ini! 4. Kalimat perintah yang berbentuk kalimat berita a. biarlah dia bersamaku b. saya harap Anda datang tepat waktu c. jangan ada yang pergi dari sini d. hendaknya ada yang mengoordinasi kegiatan ini e. sebaiknya kami pulang sekarang 5. Berikut ini adalah ciri-ciri kalimat perintah, kecuali a. intonasi keras (terutama perintah biasa dan larangan) b. kata kerja yang mendukung isi perintah itu biasanya merupakan kata dasar c. memakai intonasi tanya Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 37 d. mempergunakan partikel penghalus -lah. e. berbentuk perintah 6. Kalimat perintah sindiran a. Terima kasih Anda tidak menolak. b. Saya mohon Anda mengoordinasi sumbangan ini. c. Hendaknya Saudara pikirkan penawaran ini. d. Pulanglah kamu sekarang. e. Sudikah Anda mampir ke rumahku? 7. Kalimat perintah berpola kalimat inversi (P-S) a. Diamlah, jangan berisik! b. Simpanlah dokumen ini! c. Makanlah hidangan ini! d. Harap wakili saya pada rapat besok! e. Bersihkan tempat ini! 8. Kalimat perintah himbauan di bawah ini adalah a. Sebaiknya, uang itu dikembalikan. b. Bantulah aku dalam mengerjakan tugas ini! c. Lestarikan budaya bersih. d. Jagalah kelestarian lingkungan kita. e. Janganlah kauganggu adikmu ! 9. Tujuan kalimat perintah adalah a. untuk mendapatkan respons berupa jawaban b. untuk mendapatkan informasi c. mendapatkan respons berupa tindakan d. menyampaikan keinginan e. untuk mendapatkan inspirasi 10. Yang termasuk contoh perintah ajakan terdapat pada kalimat a. Lebih baik kamu berbisnis dalam bidang otomotif. b. Sebaiknya kita istirahat dahulu. c. Marilah kita bernyanyi bersama-sama. d. Kita berhenti di sini saja. e. Tidurlah, hari sudah malam. 11. Kalimat perintah pembiaran adalah a. Sudahlah, aku mau pergi. 38 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI b. Marilah kita lanjutkan pekerjaan. c. Biarkan buku itu di mejaku. d. Saya minta kalian belajar sungguh-sungguh. e. Pergilah sekarang. 12. Langkah yang dapat ditempuh dalam menanggapi perintah kecuali a. merumuskan kembali isi perintah b. isi perintah dituliskan berbentuk kerangka c. mengecek kebenaran kegiatan yang akan dilaksanakan, apakah sesuai perintah d. membuat perencanaan dalam bentuk karangan e. membuat perencanaan dalam bentuk kerangka/bagan 13. Ambillah bagian paling bawah hingga atas. Kalimat di atas merupakan contoh kalimat perintah a. berbentuk berita b. yang memutus proses kerja c. pembiaran d. ajakan e. himbauan 14. Kalimat di bawah ini yang merupakan kalimat perintah biasa adalah. a. Per langkah! b. Antarkan surat ini ke Pak RT. c. Ayolah, kita bersenam pagi agar tubuh kita sehat. d. Sebaiknya Bapak memakai helm demi keselamatan berkendara. e. Marilah kita gunakan tekstil dalam negeri. 15. Kalimat perintah berikut yang dikategorikan kalimat perintah halus a. Sudilah Anda mampir ke rumahku. b. Sebaiknya telepon ia sekarang. c. Tidurlah, hari sudah malam. d. Makanlah hidangan ini. e. Cepat pergi dari sini! 16. Contoh kalimat perintah ajakan a. Marilah ketetanggamu kalau kauberani. b. Kami berharap Anda datang tepat waktu. Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 39 c. Tempat ini bukan untuk membuang sampah. d. Saya mohon kamu segera melunasi utangmu. e. Bawa oleh-oleh ini untuk nenekmu. 17. Kalimat perintah dengan nada bersahabat a. Ambillah kembali kado yang kauberikan kalau kamu tidak mau. b. Kami mohon Anda bersedia bekerja di sini. c. Kami sangat berterima kasih bila Anda membuang sampah pada tempatnya. d. Anda diminta kesediaannya menjadi pembawa acara pada malam reuni nanti. e. Pulanglah kamu sekarang. 18. Kalimat perintah yang berkesan harapan adalah a. Saya ingin Anda belajar dengan semangat! b. Hadirin saya minta berdiri! c. Semuanya saya sarankan kembali ke kelas. d. Hapuslah papan itu! e. Katakan dengan sejujurnya! 19. Tabunglah uangmu untuk simpanan hari tua. Kalimat perintah yang sepadan dengan kalimat di atas ialah a. Belajarlah hingga akhir hayatmu! b. Pelajari halaman 10, besok ulangan! c. Kerjakanlah soal ini sampai selesai! d. Hendaknya seorang anak berbakti kepada orang tua! e. Pergilah segera, nenekmu sudah menunggu! 20. Di bawah ini yang bukan perintah berisi nasihat ialah a. Berhati-hatilah selama dalam perjalanan! b. Mimpi indahlah dalam tidurmu! c. Simpanlah baik-baik surat wasiat ini! d. Jagalah bicaramu di mana saja kauberada. e. Hendaknya selalu waspada dalam segala suasana.


1)b
2)d
3c
maaf 3 aja
maaf kalau salah1.b, 2.d, 3.c, 4.b, 6.d, 8.d, 10.a.
maaf ya sampai 10 aja
maaf jg ya kalau salah
angka yg ga ada berarti aku kurang ngerti

4. 1.Jika ada yang membicarakan takdir, sebaiknya kita… a.Mendengar dan langsung percaya b.Memusyawarahkannya c.Memperdebatkannya untuk mencari kebenarannya d.Terus bertanya sampai betul-betul paham e.Mempelajarinya sampai betul-betul mendalam 2.Takdir muallaq adalah takdir yang ….. a.tidak dapat berubah b.dapat berubah c.menyenangkan d.menyedihkan e.menakutkan 3.Salah satu contoh takdir mubrom adalah…. a. sifat malas b. sifat rajin c. kepandaian d. kebodohan e. tempat kelahiran 4. Qadha adalah ketentuan-ketentuan Allah yang … a. sudah menjadi kenyataan b. sudah diketahui oleh para rasul c. belum jadi kenyataan d. sudah tidak dapat berubah e. sudah diketahui oleh para malaekat 5. Umar bin Khattab membatalkan niatnya untuk memasuki sebuah kampung yang sudah terjangkit penyakit kolera karena beliau… a. takut mati b. takut tertular c. menolak takdir d. melarikan diri dari takdir e. mencari takdir yang lebih baik 6. Ketika seorang pencuri ditanya, ia menjawab, ” saya mencuri karena saya hanya sekedar menjalani takdir Tuhan, secara tidak disadari pencuri ini menganut paham…. a. Jabariyah b. Mu’tazilah c. Qadariyah d. Syi’ah e. Ahlus Sunah wal Jama’ah 7. Qada masih dapat diubah dengan jalan… a. wakaf ke tempat ibadah b. puasa dan sholat tahajud c. berdo’a dan berbuat baik d. memberi sedekah pada fakir dan miskin e. membaca kalam ilahi 8.Jika seseorang sudah ditakdirkan menjadi bodoh, dengan belajar, maka ia akhirnya pandai juga. Pernyataan ini sejalan dengan pendapat golongan… a.qadariyah b.mu’tazilah c.Ahlu Sunah Wal Jama’ah d.Syi’ah e.Jabariyah 9. Jika seorang tidak percaya pada salah satu rukun iman, orang itu disebut…. a. kafir b. fasik c. zalim d. mukmin naqis e. mukmin kamil 10. Ahlus Sunah Wal Jama’ah berpendapat bahwa manusia dalam hidupnya… a. bagaikan pelaku sandiwara b. terpaksa menjalankan ketentuan Allah c. bebas memilih, tetapi terikat oleh takdir d. mempunyai kebebasan mutlak e. serba terikat 11. Dalam Al Qur’an surat An-Nisa ayat 65 kata qada diartikan sebagai…. a. ukuran b. keadilan c. hukum d. kemampuan e. ikhlas 12. Iman kepada qada dan qadar berfungsi untuk …. a. membina sikap mental kekerasan b. menambah sifat berani c. menimbulkan sifat optimis, giat bekerja dan tawakkal d. membuat hati gelisah e. membina sikap mental keperkasaan 13. Bencana yang menimpa manusia di dunia dan telah ditetapkan oleh Allah sebelumnya tercantum dalam Al Qur’an surat…. a. Al Hadid ayat 22 b. Ali Imran ayat 47 c. Fussilat ayat 10 d. Al Ahzab ayat 21 e. Al Ahzab ayat 38 14. Allah swt berfirman: ” sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka berusaha …..” lanjutan dari firman Allah itu…. a. mengubahnya sendiri b. menjadi orang yang bertaqwa c. dengan sekuat tenaga d. sambil berdo’a e. mempelajari ilmu pengetahuan yang berguna 15. Berikut ini termasuk manfaat iman kepada qada dan qadar, kecuali… a. Memperkuat keyakinan bahwa Allah pencipta alam semesta b. Orang akan berbangga hati karena usahanya behasil c. Meninktakan ketaqwaan kepada Allah d. Menumbuhkan prilaku terpuji e. Mendorong manusia lebih semangat dalam berusaha 16. Berusaha disertai do’a dan berserah diri kepada Allah tentang berhasil atau tidaknya suatu usaha disebut… a. ikhtiar b. qada c. qadar d. takdir e. tawakkal 17. Berikut ini adalah usaha yang harus di tempuh agar berhasil, kecuali… a. Menguasai bidang usaha b. Berusaha dengan sungguh-sungguh c. Niat ikhlas karena Allah d. Berusaha dengan modal yang besar e. Berdo’a agar memperoleh pertolongan 18. Berikut ini adalah hikmah tawakkal, kecuali…. a. dicintai Allah b. dianugerahi rezeki yang cukup c. ada ketentraman hidup d. menumbuhkan sikap terpuji e. disenangi orang banyak 19. Takdir yang diobah dengan cara ikhtiar disebut… a. takdir mubram b. takdir muallaq c. qadar d. qada e. takdir azali 20. Berserah diri kepad Allah, setelah berikhtiar sekuat mungkin sesuai dengan kewajibannya. Hal ini di sebut... A.takabbur b.tumakninah c.iffah d.tawakkal Mohon jawaban nya kaka.. jawabannya tulis huruf nya saja ya kaka.


Kelas              : VIII

Pelajaran       : Pendidikan Agama Islam

Kategori         : Qadha dan Qadar

Kata Kunci    : Takdir, Macam - macam takdir, dalil, jawaban singkat

Kode               : -

 

Pembahasaan :

1.    Jika ada yang membicarakan takdir, sebaiknya kita (E) Mempelajarinya sampai betul-betul mendalam.

2.    Takdir muallaq adalah takdir yang (B) dapat berubah, sedangkan takdir yang tidak dapat berubah disebut Takdir Mubram

3.    Salah satu contoh takdir mubram adalah (E) Tempat Kelahiran, sedangkan sifat malas, sifat rajin, kepandaian, serta kebodohan merupakan takdir yang dapat dirubah (Takdir Muallaq)

4.    Qadha adalah ketentuan-ketentuan Allah yang (D) sudah tidak dapat berubah

5.    Umar bin Khattab membatalkan niatnya untuk memasuki sebuah kampung yang sudah terjangkit penyakit kolera karena beliau (E) Mencari takdir yang lebih baik, yaitu agar tidak tertular kolera.

6.    Ketika seorang pencuri ditanya, ia menjawab, ” saya mencuri karena saya hanya sekedar menjalani takdir Tuhan, secara tidak disadari pencuri ini menganut paham (A) Jabariyah,yaitu memiliki keyakinan bahwa setiap manusia terpaksa oleh takdir tanpa memiliki pilihan dan usaha dalam perbuatannya.

·         Mu’tazilah beranggapan bahwa akal manusia lebih baik dibandingkan tradisi.

·         Qadariyah keyakinan mengingkari takdir, yaitu bahwasanya perbuatan makhluk berada di luar kehendak Allah dan juga bukan ciptaan Allah. Para hamba berkehendak bebas menentukan perbuatannya sendiri dan makhluk sendirilah yang menciptakan amal dan perbuatannya sendiri tanpa adanya andil dari Allah

7.    Qada masih dapat diubah dengan jalan (C) Berdo’a dan berbuat baik

Diriwayatkan oleh Salman Al-Farisi r.a. daripada Nabi s.a.w. maksudnya : "Tidak ditolak Qadha' (ketentuan Allah) kecuali dengan do'a. Dan tiada yang boleh memanjangkan umur melainkan membuat baik kepada ibu bapa" (Hadis Riwayat At-Tirmizi, Ibnu Hibban dan selainnya)

8.    Jika seseorang sudah ditakdirkan menjadi bodoh, dengan belajar, maka ia akhirnya pandai juga. Pernyataan ini sejalan dengan pendapat golongan (C) Ahlu Sunah Wal Jama’ah, merupakan golongan yang senantiasa komitmen mengikuti sunnah Nabi SAW. Dan Thoriqoh para shabatnya dalam hal aqidah, amaliyah fisik (fiqih) dan hakikat (Tasawwuf dan Akhlaq)

9.    Jika seorang tidak percaya pada salah satu rukun iman, orang itu disebut (A) Kafir

10. Ahlus Sunah Wal Jama’ah berpendapat bahwa manusia dalam hidupnya (C) bebas memilih, tetapi terikat oleh takdir

11. Dalam Al Qur’an surat An-Nisa ayat 65 kata qada diartikan sebagai (E) Ikhlas

Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.

12. Iman kepada qada dan qadar berfungsi untuk (C) Menimbulkan sifat optimis, giat bekerja dan tawakkal

13. Bencana yang menimpa manusia di dunia dan telah ditetapkan oleh Allah sebelumnya tercantum dalam Al Qur’an surat (A) Al Hadid : 22

a. Al Hadid ayat 22 “Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.”

14. Allah swt berfirman: ” sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka berusaha …..” lanjutan dari firman Allah itu (A) mengubahnya sendiri (Penggalan Qs. Ar-Ra’d Ayat 11)

15. Berikut ini termasuk manfaat iman kepada qada dan qadar, kecuali (B) Orang akan berbangga hati karena usahanya behasil

16. Berusaha disertai do’a dan berserah diri kepada Allah tentang berhasil atau tidaknya suatu usaha disebut (A) Ikhtiar

17. Berikut ini adalah usaha yang harus di tempuh agar berhasil, kecuali (D) Berusaha dengan modal yang besar

18. Berikut ini adalah hikmah tawakkal, kecuali (E) Disenangi orang banyak

19. Takdir yang dirubah dengan cara ikhtiar disebut (B) Takdir muallaq

20. Berserah diri kepad Allah, setelah berikhtiar sekuat mungkin sesuai dengan kewajibannya. Hal ini di sebut (D) Tawakkal


5. 1. Jangan mencontek ketika ulangan! Kalimat di atas merupakan contoh kalimat perintah a. permintaan b. larangan c. perintah biasa d. permohonan e. harapan 2. Dengan hormat, kami mohon hadirin tenang! Perintah lisan pada kalimat di atas merupakan kalimat a. perintah biasa b. permohonan larangan c. ajakan d. permintaan e. pemberitahuan 3. Berikut ini merupakan contoh kalimat perintah, kecuali a. Kerjakan soal ini sebaik-baiknya! b. Tolong sampaikan kepadanya, bahwa ia boleh datang besok! c. Siapa yang mengatakan hal itu? d. Letakkan buku-buku itu di atas meja! e. Laporkan segera anggaran pengeluaran bulan ini! 4. Kalimat perintah yang berbentuk kalimat berita a. biarlah dia bersamaku b. saya harap Anda datang tepat waktu c. jangan ada yang pergi dari sini d. hendaknya ada yang mengoordinasi kegiatan ini e. sebaiknya kami pulang sekarang 5. Berikut ini adalah ciri-ciri kalimat perintah, kecuali a. intonasi keras (terutama perintah biasa dan larangan) b. kata kerja yang mendukung isi perintah itu biasanya merupakan kata dasar c. memakai intonasi tanya Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 37 d. mempergunakan partikel penghalus -lah. e. berbentuk perintah 6. Kalimat perintah sindiran a. Terima kasih Anda tidak menolak. b. Saya mohon Anda mengoordinasi sumbangan ini. c. Hendaknya Saudara pikirkan penawaran ini. d. Pulanglah kamu sekarang. e. Sudikah Anda mampir ke rumahku? 7. Kalimat perintah berpola kalimat inversi (P-S) a. Diamlah, jangan berisik! b. Simpanlah dokumen ini! c. Makanlah hidangan ini! d. Harap wakili saya pada rapat besok! e. Bersihkan tempat ini! 8. Kalimat perintah himbauan di bawah ini adalah a. Sebaiknya, uang itu dikembalikan. b. Bantulah aku dalam mengerjakan tugas ini! c. Lestarikan budaya bersih. d. Jagalah kelestarian lingkungan kita. e. Janganlah kauganggu adikmu ! 9. Tujuan kalimat perintah adalah a. untuk mendapatkan respons berupa jawaban b. untuk mendapatkan informasi c. mendapatkan respons berupa tindakan d. menyampaikan keinginan e. untuk mendapatkan inspirasi 10. Yang termasuk contoh perintah ajakan terdapat pada kalimat a. Lebih baik kamu berbisnis dalam bidang otomotif. b. Sebaiknya kita istirahat dahulu. c. Marilah kita bernyanyi bersama-sama. d. Kita berhenti di sini saja. e. Tidurlah, hari sudah malam. 11. Kalimat perintah pembiaran adalah a. Sudahlah, aku mau pergi. 38 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI b. Marilah kita lanjutkan pekerjaan. c. Biarkan buku itu di mejaku. d. Saya minta kalian belajar sungguh-sungguh. e. Pergilah sekarang. 12. Langkah yang dapat ditempuh dalam menanggapi perintah kecuali a. merumuskan kembali isi perintah b. isi perintah dituliskan berbentuk kerangka c. mengecek kebenaran kegiatan yang akan dilaksanakan, apakah sesuai perintah d. membuat perencanaan dalam bentuk karangan e. membuat perencanaan dalam bentuk kerangka/bagan 13. Ambillah bagian paling bawah hingga atas. Kalimat di atas merupakan contoh kalimat perintah a. berbentuk berita b. yang memutus proses kerja c. pembiaran d. ajakan e. himbauan 14. Kalimat di bawah ini yang merupakan kalimat perintah biasa adalah. a. Per langkah! b. Antarkan surat ini ke Pak RT. c. Ayolah, kita bersenam pagi agar tubuh kita sehat. d. Sebaiknya Bapak memakai helm demi keselamatan berkendara. e. Marilah kita gunakan tekstil dalam negeri. 15. Kalimat perintah berikut yang dikategorikan kalimat perintah halus a. Sudilah Anda mampir ke rumahku. b. Sebaiknya telepon ia sekarang. c. Tidurlah, hari sudah malam. d. Makanlah hidangan ini. e. Cepat pergi dari sini! 16. Contoh kalimat perintah ajakan a. Marilah ketetanggamu kalau kauberani. b. Kami berharap Anda datang tepat waktu. Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 39 c. Tempat ini bukan untuk membuang sampah. d. Saya mohon kamu segera melunasi utangmu. e. Bawa oleh-oleh ini untuk nenekmu. 17. Kalimat perintah dengan nada bersahabat a. Ambillah kembali kado yang kauberikan kalau kamu tidak mau. b. Kami mohon Anda bersedia bekerja di sini. c. Kami sangat berterima kasih bila Anda membuang sampah pada tempatnya. d. Anda diminta kesediaannya menjadi pembawa acara pada malam reuni nanti. e. Pulanglah kamu sekarang. 18. Kalimat perintah yang berkesan harapan adalah a. Saya ingin Anda belajar dengan semangat! b. Hadirin saya minta berdiri! c. Semuanya saya sarankan kembali ke kelas. d. Hapuslah papan itu! e. Katakan dengan sejujurnya! 19. Tabunglah uangmu untuk simpanan hari tua. Kalimat perintah yang sepadan dengan kalimat di atas ialah a. Belajarlah hingga akhir hayatmu! b. Pelajari halaman 10, besok ulangan! c. Kerjakanlah soal ini sampai selesai! d. Hendaknya seorang anak berbakti kepada orang tua! e. Pergilah segera, nenekmu sudah menunggu! 20. Di bawah ini yang bukan perintah berisi nasihat ialah a. Berhati-hatilah selama dalam perjalanan! b. Mimpi indahlah dalam tidurmu! c. Simpanlah baik-baik surat wasiat ini! d. Jagalah bicaramu di mana saja kauberada. e. Hendaknya selalu waspada dalam segala suasana.


1. B
2. D
3. C
4.
5.
6.
7.
8.


6. Tugas:Bahasa IndonesiaKelas:X Smk1. Bacalah kutipan teks negosiasi berikut !Ani : “Bisa bicara sebentar, Pak?” (1)Pak Rino : “Ada apa, ya?” (2)Ani : “Begini, Pak. Saya, ‘kan, sudah cukup lama bekerja di perusahaan ini, boleh saya meminta kenaikan gaji?” (3)Pak Rino : “Memang kamu sudah berapa tahun kerja di sini?” (4)Ani : “Masa Bapak lupa? Saya sudah sekitar tiga tahun di sini dan sejak masuk belum pernah mengalami kenaikan gaji.” (5)Pernyataan yang berisi penyampaian maksud negosiasi ditandai dengan nomor ….A. (1) D. (4)B. (2) E. (5)C. (3)2. Bacalah kutipan teks negosiasi berikut!Adam : “Kita belajar kelompok nanti malam di rumahku ya.” (1)Hasan : “Ide bagus, tapi jika di rumahku saja bagaimana? Rumah kamu jauh.” (2)Adam : “Pakai motorlah. Paling tidak setengah jam juga sampai” (3)Hasan : “Motornya lagi dipakai Kakak. Sudahlah di rumah saya saja, ya? (4)Adam : “Yaah, bagaimana, ya?” (5)Tujuan utama negosiasi termuat dalam penyataan ….A. (1) D. (4)B. (2) E. (5)C. (3)3. Bacalah kutipan teks negosiasi berikut!Dengan surat ini saya ingin mengajak Tuan untuk bekerja sama. Saya mempunyai kain batik tulis yang berkualitas dengan harga yang murah. Berikut ini saya kirimkan beberapa contoh kain tersebut beserta daftar harganya. Kutipan tersebut merupakan bagian ….a. Orientasib. Pengajuanc. Penawarand. Persetujuane. Penutup4. Untuk menjawab pertanyaan no 4 dan 5, perhatikan teks negosiasi berikut ini!Penjual : Good morning, Mam. Selamat pagi.Pembeli : Selamat pagi.Penjual : Mari, mau beli apa?Pembeli : Ada patung Garuda Wisnu Kencana yang dibuat dari kayu?Penjual : Ya, ada. Di sebelah sana, yang besar atau yang kecil?(penjual menunjukkan tempat patung yang ditanyakan pembeli)Pembeli : Yang sedang saja. Yang dibuat dari kuningan ada?Penjual : Ya ini tidak terlalu besar. Tapi, terbuat dari kayu. Yang darikuningan habis.Pembeli : Ya, dari kayu tidak apa-apa.(patung itu sudah di tangan pembeli dan ia mengamatinya dengan cermat)Penjual : Bagus itu, Mam. Cocok untuk dipakai sendiri atau untuk souvenir.Pembeli : Saya pakai sendiri. Harganya berapa? Isi percakapan tersebut adalah…..a. Negosiasi antara penjual dan pembelib. Telah terjadi negosiasi penjual dan pembelic. Sedang terjadi negosiasi antara penjual dan pembelid. Harga barang telah disepakati oleh penjual dan pembelie. Hampir saja terjadi negosiasi penjual dan pembeli5. Percakapan antara penjual dan pembeli tersebut secara berurutan melalui penahapan..a. Orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaranb. Orientasi, pemenuhan, permintaan, permintaanc. Orientasi, penawaran, permintaan, pemenuhand. Orientasi, permintaan, penawaran, penutupe. Orientasi, permintaan, pemenuhan, penutup6. Bacalah teks negosiasi berikut dengan seksama!Manajer : Tetapi tanda tangan ini seperti tanda tangan Bapak.David : Bukan. Ini bukan tanda tangan saya.Manajer : Coba saya cek sekali lagi. Oh, maaf, saya mohon maaf. Ada orang lain lagi yang bernama David, sama dengan nama Bapak. Beliau bersama isrinya makan malam di restoran hotel ini tadi malam. Jadi, itu bukan Bapak. Saya betul-betul mohon maaf atas kesalah pahaman ini.David : Ya, tidak apa-apa. Tahapan proses negosiasi antara Manajer dengan David adalah sebagai berikut …a. Meminta-menolak permintaan-pemenuhan-penutupb. Menyuruh-memenuhi suruhan-pemenuhan-penutupc. Mengancam-menolak ancaman-pemenuhan-penutupd. Mengancam-menerima ancaman-pemenuhan-penutup e. Memberi informasi-menolak informasi-pemenuhan-penutupTolong bantu jawab secepat nya hari ini mau di kumpul​


Jawaban:

1. C

2. A

3. B

4. A

5. D

6. E

Penjelasan:

Semoga bermanfaat

Jawaban:

1. C. (3)

2. A (1)

3. B. pengajuan

4. E. hampir saja terjadi negosiasi anatar penjual dan pembeli

5. E. orientasi, permintaan, pemenuhan, penutup

6. E. memberi informasi-menolak informasi-pemenuhan-penutup

Penjelasan:

maaf kalo salah semoga bermanfaat


7. Selamat malam, salam sejahtera untuk kita semua. Saudara-saudara yang saya hormati. Pada kesempatan ini saya ingin mengajak Saudara-saudara memanjatkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena hanya dengan nikmat kesehatan dari-Nya, kita dapat berkumpul dalam acara pada malam hari ini. Saudara-saudara yang saya hormati. Membaca merupakan salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Membaca dapat menambah pengetahuan, rasa empati, bahkan konsentrasi manusia. Namun, minat baca Indonesia masih tergolong sangat rendah. Kondisi itu sungguh sangat memprihatinkan. Minat baca orang Indonesia masih sangat rendah. Menurut survei yang dilakukan oleh UNESCO pada tahun 2017, minat baca orang Indonesia hanya 0,001 persen. Artinya, dari 1.000 orang Indonesia hanya satu orang yang gemar membaca. Saudara-saudara yang saya hormati. Rendahnya minat membaca orang Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari diri mereka sendiri maupun dari sarana yang kurang memadai. Dari segi diri mereka sendiri, memang orang Indonesia lebih senang mendengarkan dan bercerita daripada membaca. Pernyataan itu terbukti dengan banyaknya seni lisan yang berkembang di Indonesia. Pantun, gurindam, dan syair menjadi contoh nyata kegemaran orang Indonesia dalam bercerita. Kebiasaan itu kiranya masih terbawa pada zaman modern ini. Orang-orang Indonesia lebih senang mendengarkan dan melihat berita daripada membacanya di surat kabar. Orang tua juga menjadi faktor minimnya budaya mambaca di Indonesia. Oranga tua kurang sadar akan manfaat membaca. Mereka lebih sering mengajak anak mereka ke pusat perbelanjaan daripada ke perpustakaan atau toko buku. Dengan kata lain, orang tua menjadi contoh yang buruk bagi anak-anaknya. Anak pun jadi kurang berminat membaca buku. Dari segi prasarana, Indonesia masih dibillang ketinggalan Saat ini ketersediaan buku di Indonesia adalah 1:15.000. Satu buku digunakan untuk 15.000 orang. Jumlah buku tersebut sungguh masih sangat sedikit untuk memenuhi kebutuhan buku ideal orang Indonesia. Padahal menurut UNESCO, idealnya satu buku dibaca untuk dua orang pembaca, Oleh karena itu, perlu adanya usaha baik dari pemerintah maupun masyarakat untuk meningkatkan minat membaca orang Indonesia. Saudara-saudara yang saya hormati. Kita tidak dapat menyalahkan siapa-siapa. Yang bisa kita lakukan adalah membuat terobosan agar budaya baca orang Indonesia dapat meningkat. Saya berpesan kepada Saudiara-saudara untuk senang membaca. Datanglah ke perpustakaan. Di perpustakaan saudara dapat membaca berbagai macan buku yang dapat menambah pengetahuan. Jika ada uang lebih, belilah buku. Buku adalah warisan yang penting bagi manusia. Dengan membeli buku, saudara-saudara telah mewariskan ilmu pengetahuan yang akan dibaca oleh anak-cucu Saudara-saudara. Jika Saudara-saudara mempunyai anak, ajaklah buah hati Saudara-saudara ke perpustakaan untuk memupuk minat membacanya. Jadilah model yang baik bagi anak Saudara-saudara. Mari bersama-sama meningkatkan budaya 2 / 2 baca orang Indonesia. Semakin maju budaya baca orang Indonesia, semakin maju pula Indonesia pada masa yang akan datang. Saudara-saudara yang saya hormati. Demikian sedikit ajakan yang dapat saya sampaikan. Burung merpati burung dara, berjalan di dekat pohon selasih. Atas perhatian Saudara-saudara, saya mengucapkarı terima kasih. Burung dara terbangnya rendah, terbang rendah mencari makan. Apabila saya banyak salah, mohon dapat Saudara-saudara maafkan. Sekian dan terima kasih. 3. Temukan informasi penting yang terdapat dalam teks tersebut! 4 Pesan/arahan apa yang disampaikan pembicara dalam pidato tersebut?


Jawaban:

maju indonesia kurasa


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Surat Permohonan Menjadi Pembicara"