Rangkuman Materi Un Ipa Smp 2018
materi un ipa smp 2018
1. materi un ipa smp 2018
materi 1 pengukuran zat da sifatnya
materi 2 mekanika dan tata surya
materi 3 gelombang listik dan medan magnet
materi 4 makhluk hidup dan lingkunganya
materi 5 stuktur dan fungsi makhluk hidup1. Pengukuran zat dan sifatnya
2. Besaran dan satuan
3. Zat dan wujudnya
4. Zat dan Perubahannya
5. Zat aditif, adiktif, dan psikotropika
6. Partikel zat
7. Campuran
8. Larutan
9. Mekanika tata surya
10. Gerak lurus
11. Hukum newton
12. Usaha dan energi
13.Pesawat sederhana
14. Suhu dan kalor
15. Tekanan
16. Tata surya
17. Getaran dan gelombang
18. Bunyi
19. Cahaya
20. Listrik dan magnet
21. Gejala alam biotik dan abiotik
22. Karakteristik makhluk hidup
23. Sistem organisasi kehidupan
24. Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
25. Kepadatan populasi manusia
26 Pencemaran lingkungan
27. Klasifikasi makhluk hidup
28. Kelangsungan makhluk hidup
29. Bioteknologi
30. Sistem gerak manusia
31. Sistem pencernaan manusia
32. Sistem peredaran darah manusia
33. Sistem pernapasan manusia
34. Sistem ekskresi manusia
35. Sistem reproduksi manusia
36. Jaringan pada tumbuhan
37. Pewarisan sifat
38. Penerapan bioteknologi pangan bagi kehidupan manusia
39. Keterkaitan sistem organ manusia
40. Percobaan fotosintesis
2. contoh soal UN smp ipa 2018
Sekelompok siswa SMPN 1 Sukaresmi sedang melakukan observasi di sebuah sawah dekat sekolah. Berdasarakan hasil pengamatan, mereka menemukan komponen-komponen berikut ini:
1. Lumpur 4. Ikan kecil
2.Cacing 5. Air sawah
3. Kerikil 6. Padi
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, yang termasuk ke dalam komponen biotik adalah….
a. 1,2 dan 3
b. 1,3, dan 6
c. 2,3 dan 6
d. 2,4 dan 6
3. tuliskan rangkuman materi listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari dibuku paket - dibuku siswa IPA smp kls 9 kurikulum 2013 refesi tahun 2018 halaman 238 -239
Jawaban:
Ngelihat - Melihat - Kita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintas - Kita pasti sudah mengenal lampu lalu lintas
- Nemuin - Menemukan - Tahukah kamu siapa yang nemuin lampu lalu lintas? - Tahukah kamu siapa penemu lampu lalu lintas?
- Sistim - Sistem - Morgan terpanggil untuk menciptakan sistim lampu lalu lintas - Morgan terpanggil untuk menciptakan sistem lampu lalu lintas
- Enggak - Tidak - Ia enggak ingin kejadian itu terus berulang - Ia tidak ingin kejadian itu terus berulang
4. soal UN Bahasa indobesia SMP 2018
1. Kalimat yang menggunakan kalimat efektif adalah...
5. materi uas bhs inggris smp 2018
ini soalnya semoga membantu
sy soalnya sudah selesai UAS
6. rangkuman materi tvri smp 8 mei 2020
Jawaban:
Rangkuman yang dapat diperoleh dari pembelajaran tersebut yaitu:
Kalimantan merupakan hutan tropis yang memiliki keanekaragaman hayati dengan jumlah besar. Habisnya pepohonan dengan diameter besar akan mempengaruhi ekosistem sekitar. Misalnya, tanah akan kehilangan kekuatan untuk menahan air hujan, hilangnya tempat tinggal flora dan fauna. Alasan penduduk tinggal dibantaran sungai karena sungai merupakan sumber kehidupan.Penjelasan:
Kalimantan dikatakan sebagai hutan tropis dengan keanekaragaman hayati yang sangat besar dikarenakan kalimantan memiliki berbagai jenis flora dan fauna. Flora dan fauna tersebut termasuk dalam jenis yang langka, unik, dan endemik pulau kalimantan.
Pohon merupakan penghasil oksigen. Semakin menurunnya jumlah pohon, maka dapat mengurangi jumlah oksigen di muka bumi. Selain itu, pohon juga berperan sebagai tempat tinggal hewan, sebagai penahan air saat hujan, dan sebagai sumber makanan hewan herbivora.
Sungai dikatakan sebagai sumber kehidupan karena, di sungai kita bisa memperoleh ikan dan kerang sebagai sumber makanan, air sebagai sumber minuman dan pengairan tanaman. Sehingga sungai dapat digunakan sebagai sebagai sarana irigasi untuk pertanian.
Pelajari lebih lanjut materi tentang sumber daya alam https://brainly.co.id/tugas/22820645
#BelajarBersamaBrainly
7. apa soal un mtk smp tahun 2017-2018
biasanya soalnya tentang barisan dan deret, perbandingan, aljabar, gradien, pecahan, bangun ruang (volume, luas, keliling)
8. rangkuman materi pencak silat SMP
_________________Pembahasan : Pencak Silat
Pencak silat merupakan sebuah ilmu bela diri yang berasal dari Indonesia yang bertujuan sebagai pertahanan diri.
Istilah-Istilah dalam Pencak Silat
Istilah yang ada pada ilmu bela diri antara lain sebagai berikut :Kuda-kuda merupakan gerakan menapakan kaki untuk membuat posisi tubuh siap dan kokoh untuk tidak jatuh saat di serang oleh lawan. Sikap dan Gerak pencak silat merupakan sistem pertahanan yang teridiri dari sebuah posisi dan pergerakan, saat bertarung pergerakan dan posisi akan berubah mengikuti lawan. Langkah merupakan salah satu untuk mempertahankan diri dari serangan musuh. Kembangan merupakan gerakan tangan yang di lakukan sambil memperhatikan, mengontrol lawan dan mencari celah untuk menyerang. Buah atau teknik biasa berupa tendangan, sandungan dan beberapa teknik lainnya.Jurus adalah rangkaian gerakan yang dasar di bagian tubuh atas dan bawah. Sapuan dan Guntingan adalah teknik dalam menjatuhkan lawan dengan cara menyerang posisi kuda-kuda musuh.Kuncian merupakan sebuah teknik bertujuan untuk membuat lawan tidak berdaya.Teknik Pencak SilatSikap Hormat, atau sikap tegak yang digunakan untuk menghormati musuh maupun kawan. Posisi sikap hormat adalah badan tegap dengan kaki yang rapat serta tangan berada di depan lalu dengan posisi dada terbuka dan jari-jari tangan serta pandangan menghadap ke arah atas.Sikap Tegak:Sikap Tegak 4, Sikap Tegak 3, Sikap Tegak 2, Sikap Tegak 1.Sikap duduk : Sikap sila, Sikap duduk, Sikap simpuh, Sikap sempok atau dempok.Sikap Pasang, yaitu sikap awal yang betujuan untuk melakukan serangan dan pembelaan. 4 sikap pasang, yaitu : Sikap pasang satu, Sikap pasang dua, Sikap pasang tiga, Sikap pasang empat.Kuda-Kuda Pencak Silat, Posisi tumpuan untuk melakukan sikap pasang. Posisi kaki layaknya seperti orang yang sedang menunggang kuda. 5 bentuk kuda-kuda, yaitu : Posisi Kuda-Kuda Tengah, Posisi Kuda-Kuda Samping, Posisi Kuda-Kuda Depan, Posisi Kuda-Kuda Belakang, Posisi Kuda-Kuda Silang.Pembentukan Gerakan, 8 Penjuru mata angin merupakan sikap maupun pola langkah silat dalam satu titik tumpu yang berada di tengah. Yaitu : Arah kebelakang, Arah serong kiri belakang, Arah samping kiri, Arah serong kiri depan, Arah depan, Arah serong kanan depan, Arah samping kanan, dab Arah serong kanan belakang.Sikap tangkisan,adalah gerakan menangkis serangan lawan, dalam tangkisan ada tangkisan atas, tangkisan bawah, silang atas, tangkisan luar dan belah tengah.Hindaran,merupakan suatu gerakan untuk menghindar dari serangan lawan.Pukulan, dalam pencak silat adalah serangan yang dilakukan menggunakan tangan kosong sebagaiPerlengkapan Pencak SilatPerlengkapan Gelanggang Pencak Silat
Gelanggang di lantai dan dilapisi matras setebal 5 cm, ukuran 10 m x 10 m warna dasar hijau terang dan garis putih setebal 5 cm, bidang berbentuk lingkaran diameter 8 m, lingkaran tengah diameter 3 m.Meja dan kursi pertandingan.Meja dan kursi wasit.Formulir pertandingan dan alat tulis.Jam pertandingan, gong, dan bel.Lampu babak.Lampu isyarat berwarna merah, biru, dan kuning.Bendera kecil berwarna merah dan biru.TimbanganPerlengkapan Bertanding Pencak Silat
Pakaian, menggunakan pakaian pencak silat warna hitam sabuk putih, badge IPSI di sebelah kiri.Perlindungan badan (body protector) warna hitam sesuai standar IPSI.Pesilat putra menggunakan pelindung kemaluan (genetile protector).Gum shilPerlindungan sendi.Peraturan Bertandingan Pencak SilatPertandingan Pencak silat dilakukan oleh dua pesilat yang saling berhadapan.Melakukan pembelaan (hindaran, elakan dan tangkisan)Melakukan serangan pada sasaran (serangan tangan dan kaki) Menjatuhkan lawan, Mengunci lawan.Pertandingan pencak silat dilakukan dalam 3 babak, dangan masing-masing babak selama 2 menit dan istirahat antara babak 1 menit.Ketentuan PertandinganSetiap pembela dan serangan harus berpola dasi sikap awal, pasangan, langkah serta adanya koordinasi dalam melakukan serangan/pembelaan harus kembali kepada sikap awal/pasang. Serangan beruntun teratur dan berangkai dengan berbagai cara ke arah sasaran.Pertandingan dipimpin oleh satu rang wasit dan lima orang juri.___________________Pelajari lebih lanjut : Kuda-kuda belakang, https://brainly.co.id/tugas/27110701Pengertian pencak silat, brainly.co.id/tugas/4599875Teknik-teknik pencak silat, brainly.co.id/tugas/21586134Detail JawabanKelas : 8 (VIII) SMP
Mapel : Penjaskes
Materi : Bela Diri Pencak Silat
Kode kategorisasi : 8.22.4
Kata kunci : Pencak Silat.
___________________#TingkatkanPrestasimu
9. buatlah rangkuman materi TVRI SMP 21 april
jawaban:Materi SMP sederajat.
* Mantul -Matematika Manfaat Betul: Aritmatika Sosial
Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana.
* Pertanyaan dari materi Aritmatika Sosial.
1. Seorang pedagang memperoleh hasil penjualan sebesar Rp 720.000,00 dan ternyata ia mengalami kerugian 20%. Pedagang itu mengatakan bahwa besar modalnya adalah Rp 900.000,00. Apakah perkataan pedagang itu benar?
2. Ibu Arman akan meminjam uang di koperasi. Koperasi itu memiliki dua tipe pinjaman. Pinjaman A dapat diangsur selama 10 bulan dengan bunga 12% per tahun. Pinjaman
B dapat diangsur selama 5 bulan dengan bunga 10% per tahun. Pinjaman manakah yang akan Ibu Arman pilih?
3.Seorang pedagang membeli 10 peti duku dengan harga Rp 600.000,00 tiap peti, dengan berat masing-masing peti 40 kg, dan tara 4%. Pedagang itu ingin mendapatkan keuntungan sebesar 28%. Jika buah duku tersebut dijual dengan harga Rp 20.000,00 per kg, apakah pedagang itu akan mendapatkan keuntungan yang diinginkan?
10. rangkuman materi tvri smp 6 mei 2020
Ratrikala akan menjelaskan bagaimana cara menjadi sutradara dalam produksi film, seperti fungsi dan tugas sutradara, naratif dalam film, elemen dramatik, pengadeganan, mengarahkan pemain dan crew, serta artistik dalam film.
Secara garis besar, fungsi sutradara adalah bertanggung jawab dalam mengarahkan film agar sesuai dengan skenario yang telah dibuat.
Sutradara juga berperan dalam memilih para pemain, membimbing pemain agar sesuai dengan karakter yang akan diperankan, dan memastikan semua berjalan sesuai rencana dari awal sampai akhir sebuah film.
Tata artistik sendiri adalah seni bertutur secara sinematik.
Dua pelaku penting dalam seni ini adalah perancang artistik dan penata artistik.
Dalam kondisi tertentu, kedua peran ini sering kali digabungkan.
Pria yang bekerja sebagai seniman dan pengajar di institut seni ini nantinya akan menjelaskan bagaimana pekerjaan seorang penata artistik, khususnya melalui studio kerjanya.
Pekerjaan artistik sendiri dilaksanakan oleh tim artistik yang terdiri dari sejumlah bagian, antara lain asisten penata artistik, juru gambar, ahli gambar, kepala konstruksi, modeler, properti, special effect, kostum, make up, dan masih banyak lagi.
Jenis pekerjaan dalam tim artistik ini bisa berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan cerita dan bujet sebuah film.
Pekerjaan artistik dimulai dari membaca skenario.
Sementara itu, ada tiga hal penting dalam pekerjaan artistik, yaitu lokasi, bujet, dan jadwal serta progress chart.
Setelah membaca skenario, seorang penata artistik akan mencoba menafsirkan lokasi yang tepat sesuai dengan cerita, menyusun breakdown kerja, membuat jadwal kerja, serta memantau kemajuan kerja melalui progress chart.
Agar lebih mudah, berikut perbedaan perancang artistik dan penata artistik:
Perancang artistik adalah seseorang yang bertanggung jawab pada pembuatan konsep, gambar, jadwal, serta budgeting/alokasi dana dalam sebuah film.
Penata artistik adalah seseorang yang bertugas untuk mewujudkan fantasi tata ruangan, make up serta berkreasi di dalam sebuah film, agar semakin menarik untuk ditonton.
Itulah rangkuman materi tutorial penyutradaraan dan produksi artistik, program Belajar dari Rumah TVRI Rabu 6 Mei 2020.
11. buatlah 10 nomor rangkuman IPA materi objek IPA dan pengamatannya
Jawaban:
tumbuhan
Penjelasan:
tumbuhan,benda disekitar,
12. rangkuman materi smp 11 juni 2020
Jawaban:
Rangkuman dan Jawaban Matematika Mantul: Belajar dari Rumah 11 juni 2020
Materi ini ditujukan untuk siswa SMP dan sederajat.
Penjelasan dengan langkah-langkah:
1. Ada dua persegi panjang yaitu ABCD dan PQRS. ABCD sebangun dengan PQRS.
Berdasarkan gambar ini, dua siswa mengemukakan pendapat mereka:
1. Budi berpendapat bahwa panjang panjang PQ adalah 24 cm
2. Cantika berpendapat bahwa panjang PQ adalah 40 cm
Pendapat siapa yang menurutmu benar? Jelaskan!
Jawab:
AD/AB = PS/PQ
4/16 = 6/PQ
PQ = 24 cm
Jadi, yang benar adalah pendapat Budi.
☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
2 . Saat perkemahan di lapangan sekolah, salah satu regu pramuka mendapat tugas mengukur tinggi tiang bendera. Pada saat yang sama terdapat sebuah tongkat yang berdiri tegak dengan tinggi 150 cm. Panjang bayangan tiang bendera 300 cm dan panjang bayangan tongkat 50 cm. Ketua regu menebak bahwa tinggi tiang bendera tersebut adalah 8 m. Apakah tebakan ketua regu benar? Jelaskan!
Jawab:
Tinggi tongkat/Panjang bayangan tongkat = Tinggi tiang/Panjang bayangan tiang
150/50 = Tinggi tiang/300
Tinggi tiang = (150 x 300) : 50 = 900 cm = 9 meter
Jadi tebakan kedua regu tidak benar.
☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
Itu saja yang saya tahu,Maaf bila salah
13. rangkuman materi tvri smp 15 mei 2020
Soal TVRI tentang Pesona Dibalik Eceng Gondok (SMP & Sederajat)
1) Upah adalah komponen yang paling mendasar dari produktivitas kerja. Jika upah pekerjaan diabaikan oleh pengusaha sebagai pelaku industri, apa dampak yang paling fatal dari hasil kerja?
Jawaban :Sangat fatal jika diabaikan pekerjaan.
Pembahasan :Karena dapat menyebabkan tenaga kerja dan perusahaan produktivitas menurun drastis. Hal tersebut dapat disia-siakan motivasi bagi anda, sehingga orang kehilangan pekerjaan dan susah mencari kebutuhan pokok lainnya.
2) Tuliskan tahap awal eceng gondok untuk dapat menjadi bahan baku kerajinan!
Jawaban :Bahan-bahan eceng gondok :
• Eceng Gondok Kering
Alat-alat dari eceng gondok :
• Papan
• Kayu
• Gergaji
• Martil
• Paku
• Bahan Kain
• Alat jepit
• Gunting
• Pernis
• Kuas
• Lem
Cara & proses pembuatan :
• Kamu harus menjemur bahan eceng gondok dibawah sinar matahari secara langsung. (1-7 hari)
• Setelah eceng gondok kering dlm waktu seminggu, kemudian gunakan penjepit untuk mempipihkan bahan eceng gondok, lakukan terus sampai bahannya habis.
• Setelah itu, gunakan model untuk membuat cetakan dari kayu sebelum menganyam eceng gondok agar lebih mudah dilakukan. biasanya model seperti ukuran, tas, dan kerajinan lain.
• Kemudian buatlah anyaman melalu tali tambang agar lebih kreatif dan bagus.
• Gunakan lem saat anyaman setengah jadi agar tidak mudah hancur/bergeseran/berantakan.
• Gunakan cat pernis warna transparan untuk mengecat anyaman yang sudah selesai agar lebih alami.
• Jemur anyaman yang sudah cat, membutuhkan waktu 15 menit untuk menunggu.
• Setelah kering, tambahkan aksesoris agar anyaman lebih indah dan berkilap.
Pembahasan :Eceng gondok merupakan bahan anyaman yang dapat digunakan sebagai ide apa saja yang kalian miliki agar lebih mewah.
3) Jika kamu ingin berkreasi dengan eceng gondok, apa yang akan kamu kreasikan menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi, dan mengapa kamu memilihnya?
Jawaban :Misalnya tas belanja Ibu ke pasar atau bisa juga membuat kotak pensil jika kalian suka. Namun dengan harga jual yang tinggi, tas belanja juga memiliki harga yang tinggi. karena tas dimanfaat sebagai belanja apa saja untuk mencegah lingkungan bersih.
Pembahasan :Tahukah, kenapa harga tas belanja begitu tinggi? karena populasi sampah semakin tercemar lingkungan, akibatnya para makhluk hidup jadi susah/mengganggu kehidupan laut. Oleh karena itu tas belanja memiliki harga yang tinggi untuk menperjualbelikan oleh orang banyak.
Pelajari Lebih Lanjut :• Pengertian Anyaman → https://brainly.co.id/tugas/2260189
• Pengertian Modal → https://brainly.co.id/tugas/10899776
Detil Jawaban :Mapel: IPS
Kelas: 7 SMP
Materi: Bab 4 - Dinamika Interaksi Manusia
Kata Kunci: Harga Anyaman bermodal tinggi, Pembuatan Anyaman.
Kode soal: 10
Kode Kategorisasi : 7.10.4
#TetapSehat
#TetapBelajar
#LawanCorona
#DirumahAja
14. rangkuman materi smp tvri 13 mei 2020
Pendahuluan:
Pada tvri 13 Mei 2020 SMP, membahas tentang Membaca Itu Asyik. Yaang tayang pada pukul 09.30-10.00. Berikut akan saya bahas sekilas rangkumannya.
PembahasanMembaca Itu Asyik
Mohammad Hatta, salah satu Bapak Proklamator Indonesia sangat menyukai membaca buku. Mohammad Hatta juga menganggap penting buku-buku karena ketika ia membaca seolah-olah ia membayangkan menjelajahi mancanegara dan seolah mengobrol dengan tokoh-tokoh hebat di dunia. Mohammad Hatta juga pernah diejek temannya karena lebih tertarik pada buku daripada seorang perempuan. Namun, Beliau tidak peduli dengan ejekan temannya tersebut. Mohammad Hatta juga mengikuti organisasi perhimpunan Indonesia untuk melawan Belanda, beliau juga menuliskan beberapa kritikan untuk Belanda bahwa ia tidak akan menyerah untuk membela tanah air Indonesia.
Perlu yang kita ketahui, alasan-alasan kita harus rajin membaca buku seperti Mohammad Hatta salah satunya sebagai berikut.
Menambah wawasan dan pengetahuan "berpikiran luas".Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.Meningkatkan jumlah kosa kata.Meningkatkan kemampuan berpikir analitis.Menurunkan stres.Membaca dapat membuat seseorang menjadi menyenangkan, namun kita sering lupa diri akan membaca. Berikut adalah cara yang didapat agar membaca menjadi mengasyikkan.
Pahami gambaran umum dari buku yang kamu baca.Akrabkan diri dengan istilah-istilah di buku.Pegang kendali dalam membaca.Cari keterkaitan antara buku dan dirimu.Baca buku dalam suasana kondusif.Pertanyaan Pertama:Dari kisah Mohammad Hatta, apa manfaat membaca buku yang masih relevan dengan kehidupanmu saat ini?
Jawab:
Manfaat membaca buku dari kisah Mohammad Hatta yang masih relevan dengan kehidupan saya sebagai berikut.
Menambah wawasan dan pengetahuan.Melatih otak saya untuk berpikir atau memahami buku yang saya baca.Dapat menyelesaikan masalah-masalah dalam kehidupan saya, seperti galau, gelisah, dan stres.Dll.Pertanyaan Kedua:Berikan pendapatmu bagaimana meningkatkan kegemaran membaca buku di tengah banyaknya masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk sekedar bermain media sosial dalam gawai!
Jawab:
Menurut pendapat saya sendiri, cara meningkatkan kegemaran membaca buku di tengah banyaknya masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk sekedar bermain media sosial dalam gawai sebagai berikut.
Mengajak masyarakat atau teman dekat saya untuk mengunjungi perpustakaan.Mengadakan acara pameran buku.Mengadakan perlombaan menulis seperti membuat novel, cerpen, puisi, dan sebagainya.Dll.Pertanyaaan Ketiga:Apa dampak negatif jika banyak generasi muda Indonesia yang tidak suka membaca buku?
Jawab:
Dampak negatif jika banyak generasi muda Indonesia yang tidak suka membaca buku sebagai berikut.
Masa depan Indonesia akan mudah dijajah lagi oleh bangsa asing.Generasi muda cenderung memiliki sikap apatis atau acuh-tak acuh ketika diajak membaca buku.Kurangnya ilmu dan wawasan, sehingga si generasi muda ini masa depannya sulit mendapatkan pekerjaan.Pelajari lebih lanjut7 artikel membaca efektif - https://brainly.co.id/tugas/37965304 teknik membaca - https://brainly.co.id/tugas/22999178Detil Jawaban:Mapel : Bahasa Indonesia
Kelas : 7
Bab : 6 - Resensi Buku
Kode Soal : 1
Kode Kategorisasi : 7.6.1
Kata Kunci : Membaca Itu Asyik
15. Soal soal UN IPA tahun 2018
SALAH SATUNYA SEPERTI INI
Posting Komentar untuk "Rangkuman Materi Un Ipa Smp 2018"