Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tanggal Di Netbeans


Cara Membuat Tanggal Di Netbeans

cara membuat koneksi netbeans yang benar

1. cara membuat koneksi netbeans yang benar


1. Import paket jdbc / java connection untuk keperluan koneksi dari java netbeans ke database mysql.

2. Buat kelas Koneksi.java yang isinya :

import java.sql.Connection;
import java.sql.DriverManager;
import java.sql.SQLException;
public class Koneksi {
private static Connection koneksi;
public static Connection getKoneksi(){
if(koneksi==null){
try {
String url="jdbc:mysql://localhost:3306/namadatabase";
String user="namauser";
String password="password";
DriverManager.registerDriver(new com.mysql.jdbc.Driver());
koneksi=DriverManager.getConnection(url,user,password);
} catch (SQLException t) {
System.out.println("Error Membuat Koneksi");
}
}
return koneksi;
}
}

Jangan lupa xamppnya diaktifkan. Kalo ngetik biar ga salah bisa pake panduan pencet tombol ctrl+space . Kalo ada yang mau ditanyakan silahkan tanya. Yang diatas itu kelas koneksinya. Kalo mau login tinggal panggil koneksi atau buat aja terus nyamain user dan pw.


2. Bagaimana cara membuat desktop kalkulator pada Netbeans JAVA IDE?


Step 1 : buka aplikasi NetBeans anda!
jika anda sudah memiliki aplikasi ini silahkan buka.

Step 2 : buat Project
setelah aplikasi dibuka, kita buat projectnya!caranya :
1pilih File pada menubar lalu New Project atau tekan CTRL + SHIFT + N
2.kemudian pilih Java - Java Applicationkemudian Next
3.akan muncul tampilan untuk memberi nama Project anda, saya menamakan KalkulatorJava, lalu klik Finish jika sudah
Step 3 : buat Form
setelah membuat Project kita buat Form Kalkulatornya, caranya :
- klik kanan pada Project KalkulatorJava, lalu pilih New - JFrameForm...
-- pada tampilan berikutnya kita beri nama dan lokasi tempat menyimpan
Class Name : KalkulatorJava
Location : Source Package
Package : KalkulatorJava
klik Finish jika sud
-

3. cara membuat program aplikasi calculator dengan java netbeans IDE


semuanya bermula pada pemrograman GUI pada java gan..

komponennya yaitu menggunakan java swing, dan event handlernya menggunakan java action eventIni :
- penjumlahan. Kalo buat pengurangan, kali smaa bagi juga sama, tinggal ganti tanda + nya aja :)
public class Coba3 {
        public static void main (String [] args) {
        Integer a=1;
        Integer b=2;
        Integer c=a+b;
        System.out.print("" + a + "+" + b + "=" +c);
    }
}


- Ini yg perpangkatan
public class Coba7 {
    public static void main (String[] args) {
       Integer a=2;//variable a
       Integer b=5;
       Integer c=(int)Math.pow(a, b);
       System.out.println(+ a + " pangkat " + b + " =" + c);
           }
}

- Ini yg untuk akar pangkat
public class Coba8 {
     public static void main (String[] args) {
       Integer a=16;//variable a
       Integer b=(int)Math.sqrt(a);
       System.out.println("akar pangkat " + a + " =" + b);          
    }
}

Semoga membantu ya... :)

4. jelaskan cara membuat aplikasi Java dengan netbeans 7.0.1 untuk pemula ???


maaf saya bukan user netbeans namun saya lumayan di eclipse ... nah di eclips kita bisa belajar dengan mudah tanpa harus mengetik sesuai huruf karena eclipse sudah di masukkan support followingbtext jadibgak usah ragu salah script .,


nah untuk pemula biasanya akan di ajarkan script dasar berupa operator, nah di dalam operator juga terdapat operator aritmatika (matematika) ,perbandingan ,sampai logika(gerbang logika),

contoh

int a=1
int b=2
int c=a+b

System.out.print(a + "+" + b + "=" + c);




maka hasilnya
_______________

1 + 2 = 3

5. Palette button hilang di netbeans bagaimana cara mengembalikannya


ini cara nya yh kk

setahu saya aja kk

maaf kalo salahyh kk


6. Bagaimanakah cara menjalankan program yang sudah kita buat menggunakan Netbeans​


Jawaban:

Untuk menulis kode program Java, tersedia 2 pilihan: menggunakan text editor atau memakai IDE (Integrated Development Environment).

Sesuai dengan namanya, text editor adalah aplikasi yang dirancang secara khusus untuk menulis teks. Aplikasi jenis ini biasanya ringan dan memiliki fitur standar seperti penomoran baris (line numbering) dan pewarnaan kode program (syntax highlighting).

Mayoritas text editor bisa dipakai untuk menulis berbagai bahasa pemrograman, tidak hanya untuk 1 bahasa pemrograman saja.

Pilihan text editor ini cukup beragam, di antara yang cukup populer adalah Notepad++, Sublime Text, Atom, dan VS Code. Aplikasi Notepad bawaan Windows sebenarnya juga termasuk text editor, namun kurang pas dipakai untuk membuat program karena terlalu sederhana, misalnya tidak memiliki penomoran baris.

Selain text editor, pilihan lain untuk membuat kode program Java adalah menggunakan IDE (Integrated Development Environment). IDE ini bisa disebut sebagai “text editor kelas berat” karena fiturnya sangat banyak. Sebab itu pula ukuran file IDE jauh lebih besar daripada text editor biasa.

Mayoritas IDE juga secara khusus dirancang untuk bahasa pemrograman tertentu, meskipun juga ada yang menyediakan fitur untuk bahasa pemrograman lain.

Pilihan IDE populer untuk bahasa Java adalah Eclipse, NetBeans dan IntelliJ IDEA. Salah satu fitur dari IDE adalah kita bisa menulis, menjalankan dan melihat error kode program Java di satu tempat saja.


7. bagaimana codingan buat game di netbeans


Cara membuat game dengan menggunakan Netbeans, sebaiknya menggunakan Netbeans 7.4. pastikan Netbeans telah terdapat Java ME dan memiliki Emulator Platform:
1. Buka editor Netbeansnya.

2. Pilih File –> New Project, kemudian pilih Java ME –> Mobile Application, pilih Next lalu buat Nama Projectnya “LatihanGame”, lalu Next kemudian pada Device Profile pilih MIDP-2.0, lalu Next –> Finish

3. Buka Pojectnya, klik kanan pada Source Packages, lalu pilih New –> Java Package, lalu buat dengan nama Gambar, hal ini untuk membuat folder yang akan menampung gambar-gambar yang akan digunakan.


8. buatlah coding program sederhana awt di netbeans


Jawaban:

Membuat program hitung sederhana

contoh soal hitung sederhana

( buatlah program dengan a = 3, b = 2, c = 1 dan d = a+b+c berapakah nilai yang dimiliki d ? )

Silahkan ikuti coding berikut untuk menyelesaikannya.

Penjelasan:

follow aku ya ☺️


9. 1. sebutkan pengertian fungsi aritmatika pada java/netbeans 2. sebutkan cara kerja fungsi aritmatika pada java/netbeans


1.Operator berfungsi untuk mengoperasikan (memanipulasi, mengolah) satu atau lebih variabel. Variabel yang dioperasikan disebut operand. Operator adalah simbol yang digunakan dalam program untuk merubah suatu nilai. Dalam program, operator digunakan untuk :

mengalikan nilai dua variabel, menginisialisasi  nilai pada variabel, membandingkan nilai dalam dua variable,dan sebagainya.


10. fungsi JasperReport dalam netbeans ​


Jawaban:

Open source alat untuk membuat laporan pada java yang dapat menulis dalam beberapa variasi target seperti printer dalam bentuk pdf , HTML, Microsoft Excel , dll


11. Package java pada netbeans untuk membuat desain form interface adalah …..​


Jawaban:

Swing

Penjelasan:

Package java yang digunakan untuk membuat desain form interface pada NetBeans adalah javax.swing.package. Package ini menyediakan berbagai kelas dan metode yang dapat digunakan untuk membuat desain form interface yang menarik dan interaktif.

Package javax.swing.package pada NetBeans termasuk kelas-kelas seperti JFrame, JButton, JLabel, JTextField, JTextArea, dan masih banyak lagi. Anda dapat menggunakan kelas-kelas tersebut untuk membuat elemen-elemen interface seperti frame, tombol, label, text field, dan text area pada aplikasi Java Anda.

Untuk menggunakan package javax.swing.package pada NetBeans, Anda perlu menambahkan import statement berikut pada file Java Anda:

import javax.swing.*;

Setelah menambahkan import statement tersebut, Anda dapat menggunakan kelas-kelas yang tersedia di dalam package tersebut untuk membuat desain form interface pada aplikasi Java Anda.


12. Buatlah program tabel menggunakan java netbeans


Jawaban:

hmmm yang gini bukan??

Penjelasan:

mohon maaf yah kalau salah

Jawaban:

Contoh program berikut ini mendemonstrasikan bagaimana menggunakan table column model untuk menghapus dan memindahkan kolom di sebuah table:

?

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

35

36

37

38

39

40

41

42

43

44

45

46

47

48

49

50

51

52

53

54

55

56

57

58

59

60

61

62

63

64

65

66

67

68

69

70

71

72

73

74

75

76

77

78

79

80

81

82

83

84

85

86

87

88

89

90

91

92

93

94

95

96

97

98

99

100

101

102

103

104

105

106

107

108

109

110

111

112

113

114

115

116

117

118

119

120

121

122

123

124

125

126

// Nama file : TabelPenjualanNotebook3.java

// Penggunaan table column model untuk menghapus dan memindahkan kolom

// Mengimpor kelas

import java.awt.*;

import java.awt.event.*;

import javax.swing.*;

import javax.swing.table.*;

// Deklarasi kelas

public class TabelPenjualanNotebook3 extends JFrame {

// Membuat nama kolom tabel

private String[] kolomTabel =

{"Tipe", "Warna", "Sistem Operasi", "Jumlah Terjual", "Harga Satuan"};

// Membuat data tabel

private Object[][] dataTabel = {

{"Satellite L630-1031U", "Black", new Boolean(false), new Integer(3),

new Integer(6300000)},

{"Satellite L645-1043XB", "Brown", new Boolean(true), new Integer(7),

new Integer (7500000)},

{"Qosmio X500-D832", "Black", new Boolean(true), new Integer(4),

new Integer(14000000)},

{"Portege T210-1014UR", "Red", new Boolean(true), new Integer(6),

new Integer(6800000)},

{"Libretto W100-1002U", "Black", new Boolean(true), new Integer(1),

new Integer(12000000)}

};

// Membuat table model

private DefaultTableModel tModel = new DefaultTableModel(dataTabel,

kolomTabel);

// Membuat tabel

private JTable tabel = new JTable(tModel);

// Membuat obyek check box

private JCheckBox grsVertikal = new JCheckBox(

"Tampilkan garis vertikal", true);

private JCheckBox grsHorisontal = new JCheckBox(

"Tampilkan garis Horisontal", true);

// Membuat obyek button (tombol)

private JButton hapus = new JButton("Hapus kolom");

private JButton pindah = new JButton("Pindahkan kolom ke posisi kedua");

// Konstruktor tanpa argumen

public TabelPenjualanNotebook3() {

// Menginisialisasi tabel

tabel.setAutoResizeMode(JTable.AUTO_RESIZE_OFF);

tabel.setColumnSelectionAllowed(true);

tabel.setSelectionMode(ListSelectionModel.SINGLE_SELECTION);

// Mengelompokkan obyek check box

JPanel panel1 = new JPanel();

panel1.setLayout(new FlowLayout());

panel1.add(grsVertikal);

panel1.add(grsHorisontal);

// Mengelompokkan obyek tombol

JPanel panel2 = new JPanel();

panel2.setLayout(new FlowLayout(FlowLayout.RIGHT, 0, 0));

panel2.add(hapus);

panel2.add(pindah);

getContentPane().add(panel1, BorderLayout.PAGE_START);

getContentPane().add(new JScrollPane(tabel), BorderLayout.CENTER);

getContentPane().add(panel2, BorderLayout.PAGE_END);

// Penanganan event check box

grsVertikal.addActionListener(new ActionListener() {

public void actionPerformed(ActionEvent ae) {

tabel.setShowVerticalLines(grsVertikal.isSelected());

}

});

grsHorisontal.addActionListener(new ActionListener() {

public void actionPerformed(ActionEvent ae) {

tabel.setShowHorizontalLines(grsHorisontal.isSelected());

}

});

// Penanganan event button

hapus.addActionListener(new ActionListener() {

public void actionPerformed(ActionEvent ae) {

if (tabel.getSelectedColumn() >= 0) {

TableColumnModel modelKolom = tabel.getColumnModel();

TableColumn kolomDihapus =

modelKolom.getColumn(tabel.getSelectedColumn());

modelKolom.removeColumn(kolomDihapus);

}

else

JOptionPane.showMessageDialog(null,

"Pilih kolom yang akan dihapus!", "Hapus Kolom",

JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);

}

});

pindah.addActionListener(new ActionListener() {

public void actionPerformed(ActionEvent ae) {

if (tabel.getSelectedColumn() >= 0) {

int indekLama = tabel.getSelectedColumn();

int indekBaru = 1;

TableColumnModel modelKolom = tabel.getColumnModel();

modelKolom.moveColumn(indekLama, indekBaru);

}

else

JOptionPane.showMessageDialog(null,

"Pilih kolom yang akan dipindah!", "Pindah Kolom",

JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);

}

});

}

// Metoda main

public static void main(String[] args) {

TabelPenjualanNotebook3 frame = new TabelPenjualanNotebook3();

frame.setTitle("Kelas TabelPenjualanNotebook3");

frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

frame.setSize(440, 200);

frame.setVisible(true);

}

}

Menggunakan table column model di Java


13. membuat tabel java netbeans


Membuat JTable dengan GUI
Untuk membuat JTable melalui GUI, kita dapat menambahkan komponen JTable pada workspace Netbeans. Buat interface
interface Pada kolom tabel, definisikan 4 kolom yang datanya ingin ditampilkan yaitu dengan cara klik kanan JTable - Pilih Table Contents,kolom tabel Sedangkan untuk barisnya, pilih 0 karena defaultnya belum ada data yang ditampilkan
baris tabel


14. Bagaimana codingan membuat game lewat netbeans


ini terjadi jika ingin memprogram menggunakan bahasa java di net beans
pertama , pastikan java sudak terpasang di komputer
kedua , mulai coding dengan opening java , lalu masukan variabel yang akan dijadikan fungsi if ,lalu jangan lupa untuk melakukan test programagar berhasil , tolong dijadikan brainliest answer ya thx

15. Bagaimana cara memunculkan tab report inspector \di netbeans ?


Ke menu Tools > Options >Tab Keymap. Ke Search Report Inspector > isi Shortcutnya. Lalu jalankan shortcutnya. Jika berhasil akan tampil.


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Tanggal Di Netbeans"